Lutfania, Amira (2023) Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Umbulharjo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005340_JUDUL__230626122702.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005340_BAB_I__230626122702.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005340_BAB_II__230626122702.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005340_BAB_III__230626122702.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005340_BAB_IV__230626122702.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005340_BAB_V__230626122702.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005340_DAFTAR_PUSTAKA__230626122702.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005340_LAMPIRAN__230626122702.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005340_NASKAH_PUBLIKASI__230626122703.pdf Download (357kB) |
Abstract
Salah satu faktor penentu kualitas pendidikan adalah kemandirian belajar siswa yang didorong oleh hasrat dan semangat yang ada pada diri pribadi seseorang. Peningkatan mutu pendidikan siswa berkaitan langsung dengan siswa itu sendiri. Kemandirian seseorang termasuk dalam belajar disebabkan oleh berbagai faktor baik dari dalam maupun dari luar diri siswa. Salah satu faktor penting yang tidak dapat dipisahkan dari kemandirian belajar adalah efikisi diri / keyakinan diri. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah se-Kecamatan Umbulharjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian expost facto. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Dalam penelitian ini bentuk angket atau kuisioner yang dipakai adalah bentuk check list, rating-scale (skala bertingkat). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistika inferensial. meliputi tahap deskripsi data, uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment. Adapun penelitian dilakukan pada Bulan April hingga Mei 2023 di kelas IV SD Muhammadiyah se-Kecamatan Umbulharjo dengan populasi 326 siswa dan sampel 181 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah se-Kecamatan Umbulharjo. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,368 dan nilai p atau sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga hubungan dapat dinyatakan positif dan signifikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Efikasi Diri, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:06 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:06 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |