Hanggarjati, Mi'atu Duria (2024) Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000005127_JUDUL__240926030342.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000005127_BAB_I__240926030342.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000005127_BAB_II__240926030343.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000005127_BAB_III__240926030343.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000005127_BAB_IV__240926030343.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000005127_BAB_V__240926030343.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005127_DAFTAR_PUSTAKA__240926030343.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000005127_LAMPIRAN__240926030343.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005127_NASKAH_PUBLIKASI__240926030343.pdf Download (408kB) |
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial memerlukan penggunaan
metode pembelajaran yang menarik. Namun saat ini, pembelajaran IPAS masih
cenderung menggunakan metode konvensional yang menyebabkan rendahnya
minat belajar siswa sehingga menyababkan rendahnya hasil belajar. Permasalahan
ini dapat diatasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
setelah penerapan model discovery learning dalam pembelajaran di kelas IV SD
Muhammadiyah Karangharjo terutama pada materi peninggalan sejarah.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model
Kemmis Taggart dengan tahapan penelitian sebagai berikut: perencanaan,
pelaksanaan, dan observasi serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah
siswa/i kelas IV berjumlah 29 orang dengan rincian 15 laki-laki dan 14 perempuan.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul
dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan langkah-langkah model Discovery
learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata kelas pada
siklus I sebesar 76,84 meningkat pada post test siklus II sebesar 86,32. Persentase
ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 30% meningkat menjadi 93%. Dengan
demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery learning
pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD
Muhammadiyah Karangharjo Berbah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Discovery learning, Hasil Belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:07 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:07 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |