Fitrasari, Mutiara (2024) Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Nasionalisme pada Peserta Didik di SD Muhammadiyah Kleco 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000005160_JUDUL__240926035757.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000005160_BAB_I__240926035757.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000005160_BAB_II__240926035757.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000005160_BAB_III__240926035757.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000005160_BAB_IV__240926035757.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000005160_BAB_V__240926035757.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005160_DAFTAR_PUSTAKA__240926035757.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000005160_LAMPIRAN__240926035757.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005160_NASKAH_PUBLIKASI__240926035757.pdf Download (522kB) |
Abstract
Rasa nasionalisme menjadi salah satu hal yang penting untuk keberlangsungan suatu bangsa. Salah satu langkah penanaman rasa nasionalisme pada peserta didik sejak dini adalah melalui pendidikan kewarganegaraan atau yang sering disingkat dengan Pendidikan Pancasila. SD Muhammadiyah Kleco sebagai salah satu SD Muhammadiyah ternama di Yogyakarta memiliki caranya tersendiri dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Pancasila agar dapat membentuk karakter nasionalisme sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis peran Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter nasionalisme di SD Muhammadiyah Kleco;2) Menjabarkan faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter nasionalisme di SD Muhammadiyah Kleco.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kleco pada bulan Januari- Agustus 2024. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik kelas II. Triangulasi yang dipergunakan adalah triangualasi sumber data diperkuat dengan triangulasi teknik. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Peran Pendidikan Pancasila dalam menanamkan karakter nasionalisme di SD Muhammadiyah Kleco dilaksanakan dalam intrakurikuler terutama pada materi ”Pancasila Dasar Negaraku” yang memuat tentang sikap nasionalisme yang dituangkan dalam modul ajar, materi dan kegiatan pembelajaran; 2) Faktor pendukung Peran Pendidikan Pancasila dalam menanamkan karakter nasionalisme ada 3 yaitu kekompakan guru, kemauan peserta didik, dan kerjasama guru serta orang tua; dan 3) Faktor penghambat ada 2 yaitu banyaknya peserta didik dan motivasi peserta didik yang mudah berubah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan Pancasila, Nasionalisme, Sekolah Dasar |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:42 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |