Qalbi, Nabila Nikmatul (2024) Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menunjang Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000005264_JUDUL__240926062029.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000005264_BAB_I__240926062029.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000005264_BAB_II__240926062029.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000005264_BAB_III__240926062029.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000005264_BAB_IV__240926062029.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000005264_BAB_V__240926062029.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005264_DAFTAR_PUSTAKA__240926062029.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000005264_LAMPIRAN__240926062029.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa tidak dapat dianggap mudah begitu saja. Melalui kemampuan berpikir kritis diharapkan siswa mampu menyelesaikan suatu permasalahan. Salah satu upaya agar mendorong kemampuan berpikir kritis siswa yaitu melalui pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Sehingga diharapkan mampu mendorong rasa penasaran siswa, aktif bertanya dan siswa optimal untuk mencari berbagai persoalan sehingga menunjang kemampuan berpikir kritis.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneletian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta dengan sumber data guru IPAS kelas IV dan 5 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk menunjang berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta pada mata pelajaran IPAS, meliputi diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Diferensiasi konten merupakan tahapan perencanaan dimana guru merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan tiap siswa. Diferensiasi proses meliputi kegiatan dalam pembelajaran berupa pertanyaan pemantik, penyampaian materi, pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, pengerjaan LKPD, presentasi dan evaluasi. Dalam diferensiasi proses banyak ditemui proses yang menunjang berpikir kritis siswa yaitu intepretasi, analisis, regulasi diri, inferensi, eksplanasi dan evaluasi. Diferensiasi produk berupa presentasi jawaban hasil pengamatan serta diskusi siswa di depan kelas. Kemudian diferensiasi lingkungan dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan nyaman bagi peserta didik. Faktor pendukung berupaya kompetensi guru dan sarana prasana. Faktor penghambat perlunya perawatan sarana prasarana secara berkala.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Bepikir Kritis, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:36 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |