Suprastio, Suprastio (2023) Implementasi Hak Anak melalui Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Pakel. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005335_JUDUL__230224110527.pdf Download (915kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005335_BAB_I__230224110527.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005335_BAB_II__230224110527.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005335_BAB_III__230224110527.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005335_BAB_IV__230224110527.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005335_BAB_V__230224110527.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005335_DAFTAR_PUSTAKA__230224110527.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005335_LAMPIRAN__230224110527.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005335_NASKAH_PUBLIKASI__230224110527.pdf Download (411kB) |
Abstract
ABSTRAK
Sekolah merupakan sebuah satuan pendidikan yang sehat dan bersih, aman, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan mampu memberikan perlindungan anak dari kekerasan, oleh sebab itu pemerintah membuat sebuah program sekolah ramah anak untuk memenuhi kebutuhan setiap anak dan mampu melindungi anak dari tindak kekerasan kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di SD Negeri Pakel. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di SD Negeri Pakel.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dikumentasi. Subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru penanggung jawab SRA, dan peserta didik. Objek penelitian mengenai implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di SD Negeri Pakel. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi hak anak melalui sekolah ramah anak di SD Negeri Pakel dilaksanakan dengan menggunakan 5 tahapan sekolah ramah anak. Tahapan tersebut antara lain tahap persiapan yaitu dengan komitmen, sosialisasi dan pembentukan tim sekolah ramah anak. Tahap perencanaan yaitu mengintegrasikan program UKS. Tahap pelaksanaan yaitu mengoptimalkan sumber daya sarana dan prasarana serta ekstrakurikuler. Tahap pemantauan yaitu mengikutsertakan partisipasi orang tua dalam pemantauan. Tahap evaluasi dilakukan 3 bulan sekali saat tengah semester. Faktor pendukungnya adalah kualitas sekolah, motivasi dan semangat dan rasa tanggung jawab. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya lahan dan pendanaan, kurangnya tim ahli ramah anak dan kurangnya sosialisasi dan pelatihan tentang sekolah ramah anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Hak Anak, Sekolah Ramah Anak, Sekolah Dasar. |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:39 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |