Andriani, Lisa Dwi (2023) Pengembangan Media Monopoli untuk Layanan Bimbingan Kelompok tentang Kejujuran Akademik untuk Siswa SMP (Uji Produk di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kulon Progo). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600001198_JUDUL__230307115952.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600001198_BAB_I__230307115952.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600001198_BAB_II__230307115952.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600001198_BAB_III__230307115952.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600001198_BAB_IV__230307115952.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600001198_BAB_V__230307115952.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600001198_DAFTAR_PUSTAKA__230307115952.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600001198_LAMPIRAN__230307115952.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kejujuran akademik merupakan karakter yang perlu untuk ditingkatkan. Terdapat permasalahan rendahnya kejujuran akademik yang dialami oleh MTs Negeri 2 Kulon Progo berupa rendahnya kejujuran akademik. Permasalahan ini diasumsikaan dapat diatasi dengan mengembangkan media monopoli tentang kejujuran akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman kejujuran akademik siswa MTs Negeri 2 Kulon Progo, untuk mengetahui kualitas media permainan monopoli kejujuran akademik yang layak bagi siswa MTs Negeri 2 Kulon Progo, untuk menghasilkan produk media permainan monopoli kejujuran akademik yang layak bagi siswa MTs Negeri 2 Kulon Progo, dan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok media permainan monopoli kejujuran akademik bagi siswa MTs Negeri 2 Kulon Progo.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D yang mengacu kepada metode R&D yang dikembangkan oleh Gall & Borg (1989) yaitu melakukan penelitian dan pengumpulan data (research and information collection), merencanakan (planning), menegembangkan draf produk (develop preliminary form of product), melakukan uji coba lapangan awal (preliminary field testing), melakukan revisi uji coba lapangan (main product revision), melakukan uji coba lapangan (main field testing), melakukan penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision), melakukan uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing), melakukan penyempurnaan produk akhir (operasional product revision), diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Subjek uji coba produk terbatas yang dipakai sebanyak 8 dari 30 siswa kelas VIII di MTs 2 Kulon Progo. Analisis data menggunakan T-Tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas media permainan monopoli kejujuran akademik berdasarkan uji terbatas oleh ahli materi Bapak Dr. Hadi Santosa, M.Pd terhadap mendapatkan penilaian 87,5, oleh ahli media Bapak Ariadi Nugraha, M.Pd mendapatkan penilaian sebesar sebesar 80, oleh ahli layanan Ibu Lutfia Latifah Hanum, S.Pd mendapatkan penilaian sebesar 92,5. Kelayakan media ditinjau dari sudut pandang ahli media, ahli materi, dan ahli layanan mendapatkan penilaian layak digunakan dengan revisi sesuai dengan saran. Efektivitas layanan bimbingan kelompok media permainan monopoli kejujuran akademik yang diuji coba lapangan membandingkan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok media monopoli tentang kejujuran akademik dengan dalam skala kecil berdasarkan perhitungan manual t-tes dihasilkan 4,739 > 2,977 yaitu t hitung > t tabel yang berarti bahwa Ho tidak teruji kebenaranya dan Ha teruji kebenaranya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | bimbingan kelompok, kejujuran akademik, media layanan, monopoli |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:46 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |