Fauziah, Aulia Naila (2023) Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran POE2WE pada Materi Fisika Gerak Melingkar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900007020_JUDUL__230815031000.pdf Download (713kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900007020_BAB_I__230815031000.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900007020_BAB_II__230815031000.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900007020_BAB_III__230815031000.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900007020_BAB_IV__230815031000.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900007020_BAB_V__230815031000.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900007020_DAFTAR_PUSTAKA__230815031000.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900007020_LAMPIRAN__230815031000.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Modul merupakan media pembelajaran untuk menunjang siswa menjalankan pembelajaran memuat beberapa materi tambahan yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi. Penggunaan bahan ajar diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran. Model pembelajaran POE2WE adalah pendekatan konstruktivistik yang memungkinkan siswa aktif pembelajaran fisika, khususnya gerak melingkar. Penerapan model pembelajaran POE2WE belum banyak diterapkan pada bahan ajar modul, dan belum dikembangkan bahan ajar modul dengan model pembelajaran POE2WE yang digunakan guru untuk menunjang pembelajaran peserta didik khususnya gerak melingkar. Modul disusun berdasarkan materi pada kurikulum 2013 KD 3.6 yaitu gerak melingkar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul fisika berbasis POE2WE yang layak dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap modul.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dinilai oleh ahli materi dan ahli media sebagai validator kelayakan modul, dan guru dan siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan dua teknik, yaitu analisis data kualitatif dari hasil observasi dan analisis data kuantitatif dari skor angket penilaian oleh ahli materi, ahli media, guru, dan siswa.
Hasil pengembangan modul berbasis model pembelajaran POE2WE pada materi fisika gerak melingkar menunjukkan bahwa modul tersebut layak digunakan dan mendapatkan respon baik dari guru dan siswa. Penilaian kelayakan materi mendapatkan persentase 91,5�ngan kategori sangat layak. Penilaian respon guru sebesar 89�n kategori sangat layak, serta persentase respon siswa sebesar 87�n kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul, Model Pembelajaran POE2WE, Gerak Melingkar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:47 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |