Akbar, Nur Hamdani (2023) Penanaman Nilai Percaya Diri melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Banyubening I Gunungkidul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1700005173_JUDUL__230627083940.pdf Download (766kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1700005173_BAB_I__230627083940.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1700005173_BAB_II__230627083940.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1700005173_BAB_III__230627083940.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1700005173_BAB_IV__230627083940.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1700005173_BAB_V__230627083940.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005173_DAFTAR_PUSTAKA__230627083940.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1700005173_LAMPIRAN__230627083940.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005173_NASKAH_PUBLIKASI__230329014444.pdf Download (349kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman nilai moral di sekolah yang diajarkan melalui pendidikan karakter guna membentuk kepribadian manusia melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelakasaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas IV di SD N Banyubening I Gunungkidul dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat jalannya kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD N Banyubening I Gunungkidul.
Penelitian dilaksanakan menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, pembina ekstrakurikuler pramuka, dan beberapa siswa, serta dokumentasi yang berupa bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan. Data yang terkumpul dianalisis dengan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penanaman karakter percaya diri dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas IV dilaksanakan dengan menggunakan metode teori dan permainan dengan melibatkan komponen penunjang. Proses penanaman dan implementasi karakter percaya diri pada siswa kelas IV di SD N Banyubening I Gunungkidul telah dilakukan dengan beragam cara, seperti dengan pembiasaan perilaku yang baik, tidak ragu dalam mengambil keputusan, tidak ada rasa malu dalam melaksanakan arahan. Siswa telah mampu menunjukkan dalam berbagai kegiatan, diantaranya: 1) Siswa mulai menunjukkan rasa percaya diri dalam kegiatan pramuka dengan ditugaskannya siswa dalam upacara. 2) Siswa mampu menerapkan rasa percaya diri dengan menunjukkan keberanian melalui permainan musik dan tarian tradisional. 3) Siswa mampu berkomunikasi dengan rasa percaya yang baik dengan prestasi yang telah di dapat sebagai salah satu tolak ukur. Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai percaya diri melalui kegiatan ekstrakuriler pramuka berjalan saling melengkapi dengan persiapan dari pihak sekolahsebagai salah satu upaya antisipasi terhadap hambatan yang akan di hadapi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Nilai Karakter Percaya Diri, Ekstrakurikuler, Pramuka |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:23 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |