Evaluasi Layanan Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Implementasi Standar Nasional Perpustakaan sebagai Penjamin Mutu Layanan Perpustakaan Sekolah di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Insani, Layli Dzikri (2023) Evaluasi Layanan Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Implementasi Standar Nasional Perpustakaan sebagai Penjamin Mutu Layanan Perpustakaan Sekolah di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005371_JUDUL__230728082032.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005371_BAB_I__230727025058.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005371_BAB_II__230727025058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005371_BAB_III__230727095216.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005371_BAB_IV__230727025058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005371_BAB_V__230727025058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005371_DAFTAR_PUSTAKA__230727025058.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005371_LAMPIRAN__230727025058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005371_NASKAH_PUBLIKASI__230727025058.pdf

Download (634kB)

Abstract

Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen merupakan salah satu perpustakaan terfavorit di Yogyakarta. Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen meraih juara 1 lomba perpustakaan antar SD/MI se-kota Yogyakarta pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan perpustakaan berdasarkan implementasi Standar Nasional Indonesia bidang perpustakaan sebagai penjamin mutu layanan di Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen.
Penelitian ini mengacu pada Standar Nasional Indonesia bidang perpustakaan. Jenis penellitian yang dilakukan adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif evaluatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasu. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pada evaluasi context, berisikan visi dan misi Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen. Visi dan misi perpustakaan tertera di ruang perpustakaan serta di website resmi perpustakaan sekolah. Evaluasi input, perpustakaan dipimpin oleh satu orang kepala perpustakaan dengan pendidikan S-1 ilmu perpustakaan. Tenaga perpustakaan sekolah berjumlah satu orang dengan pendidikan S-1 ilmu perpustakaan. Ruang perpustakaan berukuran 15 m x 16 m berada di bagian depan sekolah. Dalam hal ini, evaluasi input sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia Bidang perpustakaan. Evaluasi process, terkait dengan pelaksanaan layanan perpustakaan itu sendiri. Layanan sirkulasi berupa pendaftaran anggota perpustakaan, peminjaman dan pengembalian bahan pustaka, serta diterapkannya sanksi jika ada keterlambatan pengembalian bahan pustaka. Layanan referensi yang dilakukan yaitu pengadaan berbagai macam kamus, ensiklopedia, atlas, buku tahunan, dan lain lain. Penggunaan sistem OPAC atau Open Public Access Catalog sebagai alat telusur cepat. Dalam hal ini, evaluasi process sudah memenuhi Standar Nasional bidang perpustakaan. Evaluasi product terkait dengan tingkat kepuasan pengguna, dalam penelitian ini yaitu siswa yang secara aktif mengunjungi perpustakaan. Menurut beberapa siswa, fasilitas di dalam ruang perpustakaan adalah hal yang paling menyenangkan. Sedangkan hal yang perlu diperbarui di perpustakaan yaitu penggunaan komputer sebagai alat telusur digital.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Perpustakaan, Layanan, Standar Nasional Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 May 2025 07:24
Last Modified: 14 May 2025 07:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83564

Actions (login required)

View Item View Item