Insani, Layli Dzikri (2023) Evaluasi Layanan Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Implementasi Standar Nasional Perpustakaan sebagai Penjamin Mutu Layanan Perpustakaan Sekolah di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600005371_JUDUL__230728082032.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600005371_BAB_I__230727025058.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600005371_BAB_II__230727025058.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600005371_BAB_III__230727095216.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600005371_BAB_IV__230727025058.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600005371_BAB_V__230727025058.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005371_DAFTAR_PUSTAKA__230727025058.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600005371_LAMPIRAN__230727025058.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005371_NASKAH_PUBLIKASI__230727025058.pdf Download (634kB) |
Abstract
Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen merupakan salah satu perpustakaan terfavorit di Yogyakarta. Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen meraih juara 1 lomba perpustakaan antar SD/MI se-kota Yogyakarta pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan perpustakaan berdasarkan implementasi Standar Nasional Indonesia bidang perpustakaan sebagai penjamin mutu layanan di Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen.
Penelitian ini mengacu pada Standar Nasional Indonesia bidang perpustakaan. Jenis penellitian yang dilakukan adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif evaluatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasu. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pada evaluasi context, berisikan visi dan misi Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen. Visi dan misi perpustakaan tertera di ruang perpustakaan serta di website resmi perpustakaan sekolah. Evaluasi input, perpustakaan dipimpin oleh satu orang kepala perpustakaan dengan pendidikan S-1 ilmu perpustakaan. Tenaga perpustakaan sekolah berjumlah satu orang dengan pendidikan S-1 ilmu perpustakaan. Ruang perpustakaan berukuran 15 m x 16 m berada di bagian depan sekolah. Dalam hal ini, evaluasi input sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia Bidang perpustakaan. Evaluasi process, terkait dengan pelaksanaan layanan perpustakaan itu sendiri. Layanan sirkulasi berupa pendaftaran anggota perpustakaan, peminjaman dan pengembalian bahan pustaka, serta diterapkannya sanksi jika ada keterlambatan pengembalian bahan pustaka. Layanan referensi yang dilakukan yaitu pengadaan berbagai macam kamus, ensiklopedia, atlas, buku tahunan, dan lain lain. Penggunaan sistem OPAC atau Open Public Access Catalog sebagai alat telusur cepat. Dalam hal ini, evaluasi process sudah memenuhi Standar Nasional bidang perpustakaan. Evaluasi product terkait dengan tingkat kepuasan pengguna, dalam penelitian ini yaitu siswa yang secara aktif mengunjungi perpustakaan. Menurut beberapa siswa, fasilitas di dalam ruang perpustakaan adalah hal yang paling menyenangkan. Sedangkan hal yang perlu diperbarui di perpustakaan yaitu penggunaan komputer sebagai alat telusur digital.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Perpustakaan, Layanan, Standar Nasional Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:24 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |