Amalia, Mukhlisatinnisa (2023) Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, Sleman, Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031103_JUDUL__230819104321.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031103_BAB_I__230819104321.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031103_BAB_II__230819104321.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031103_BAB_III__230819104321.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031103_BAB_IV__230819104321.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031103_BAB_V__230819104321.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI)
T1_1900031103_BAB_VI__230819104321.pdf Restricted to Registered users only Download (4B) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031103_DAFTAR_PUSTAKA__230819104321.pdf Download (209kB) |
Abstract
Manajemen sarana prasarana menjadi bagian dasar terlaksananya aktitivitas pendidikan, perlu adanya pengelolaan manajemen sarana prasarana yang terstruktur sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran seperti pembelajaran ISMUBA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja sarana prasarana yang digunakan dalam proses pembelajaran ISMUBA, cara manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran ISMUBA serta faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, Sleman, Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif kualiatatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber primer dalam penelitian ini yaitu lima orang narasumber diantaranya, satu orang kepala sekolah, satu orang wakil kepala sarana prasarana dan tiga orang guru ISMUBA sedangkan data sekunder yaitu artikel, buku, jurnal dan penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk memperoleh keabsahan data menggunakan teknik triangulasi serta teknik analisis data melalui pengumpulan dan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) sarana prasarana yang digunakan dalam meningkatkan proses pembelajaran ISMUBA yaitu sarana pembelajaran yang habis dipakai, tahan lama, sarana yang bergerak dan tidak bergerak. Prasarana yang keberadaannya secara langsung dan tidak langsung. (2) Pengelolaan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran ISMUBA perencanaan, penginventarisan, penggunaan, pemeliharaan serta penghapusan. (3) Faktor pendukung dalam pengelolaan sarana pembelajaran ISMUBA yaitu adanya sumber daya manusia (internal), sekolah memiliki masjid, ruang kelas dan perpustakaan (fisik). Faktor pendukung (eksternal) sekolah bekerja sama dengan lembaga pemerintah. Faktor penghambat yaitu adanya keterbatasan biaya pengadaan sarana prasarana ISMUBA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | ISMUBA, Manajemen, Pembelajaran, Proses, dan Sarana Prasarana |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:25 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |