Aprilia, Windy (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kasus Bullying Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Wates. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1911331013_JUDUL__230731110412.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1911331013_BAB_I__230728020751.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1911331013_BAB_II__230728020751.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1911331013_BAB_III__230728020751.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1911331013_BAB_IV__230728020751.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1911331013_BAB_V__230728020751.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1911331013_DAFTAR_PUSTAKA__230728020751.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1911331013_LAMPIRAN__230728020751.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1911331013_NASKAH_PUBLIKASI__230728020751.pdf Download (134kB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni adanya sebuah perilaku kekerasan di SMK Muhammadiyah 3 Wates yang dilakukan oleh siswa kepada siswa lainnya, kekerasan tersebut yakni bullying. Kekerasan ini terjadi karena faktor-faktor baik dari dalam maupun dari luar. Untuk membentuk akhlak yang baik diperlukan upaya dari guru untuk mencegahnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui bentuk-bentuk bullying di SMK Muhammadiyah 3 Wates; (2) mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan bullying di SMK Muhammadiyah 3 Wates; (3) mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam mencegah tindakan bullying siswa di SMK Muhammadiyah 3 Wates. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Subjek penelitian berjumlah 8 informan yang terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, guru Pendidikan Agama Islam berjumlah 4 orang, dan 2 siswa. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi guna mendapatkan data yang lebih valid. Setelah semua data tersedia, kemudian dilakukan sebuah analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan langkah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua jenis bullying yang terjadi yakni bullying verbal dan fisik. Kekerasan bullying disebabkan karena beberapa faktor yakni (1) karena siswa mencari perhatian ; (2) anak broken home ; (3) akhlak siswa memang yang kurang baik (4) media sosial. Maka peran guru Pendidikan Agama Islam disini yakni (1) mendidik ; (2) memberikan contoh ; (3) membimbing ; (4) memotivasi siswa untuk berperilaku baik. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu jalan atau solusi dalam peningkatan mutu peserta didik, terutama dalam pembinaan akhlak yang baik pada siswa agar mereka tidak terjerumus dalam tindakan bullying terhadap siswa lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran Guru PAI, Mencegah,Bullying |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:59 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83591 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |