Analisis Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin di SD Negeri Tambakrejo

Fadli, Muhammad Amri (2023) Analisis Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin di SD Negeri Tambakrejo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005339_JUDUL__230426104039.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005339_BAB_I__230426102344.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005339_BAB_II__230426102344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005339_BAB_III__230426102344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005339_BAB_IV__230426102344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005339_BAB_V__230426102344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005339_DAFTAR_PUSTAKA__230426102344.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005339_LAMPIRAN__230426102344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005339_NASKAH_PUBLIKASI__230426102344.pdf

Download (331kB)

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan karakter disiplin yang baik akan berpengaruh di dalam kehidupan siswa. Pendidikan karakter disiplin tidak hanya diajarkan di rumah, namun juga di ajarkan di sekolah. Oleh sebab itu penanaman pendidikan karakter disiplin membutuhkan kerja sama dari semua pihak, termasuk kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa sendiri dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter disiplin di kelas IV SD Negeri Tambakrejo. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman pendidikan karakter disiplin di kelas IV SD Negeri Tambakrejo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Objek dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai penanaman pendidikan karakter disiplin di kelas IV dan faktor pendorong serta faktor penghambat penanaman pendidikan karakter disiplin yang dilaksanakan di SD Negeri Tambakrejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman pendidikan karakter disiplin di SD Negeri Tambakrejo yaitu guru kelas IV dalam menanamkan karakter disiplin kepada siswa menggunakan pendekatan demokratis yang positif serta dengan melalui keteladanan. Guru dan pihak sekolah di SD Negeri Tambakrejo juga melakukan pencegahan dan penanggulangan perilaku kurang disiplin siswa yaitu dengan selalu menanamkan unsur-unsur disiplin seperti memberi peringatan, teguran dan sanksi yang mendidik kepada siswa yang tidak disiplin, selalu mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik kepada para siswa, dan selalu memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki disiplin tinggi dan berprestasi. Faktor pendukung penanaman pendidikan karakter disiplin di SD Negeri Tambakrejo yaitu kepala sekolah dan para guru selalu menjadi teladan yang baik, selalu memberi contoh yang baik bagi para siswa, selalu membimbing dan memotivasi siswa untuk tetap menanamkan sikap karakter disiplin, serta sarana prasarana yang lengkap menjadi penunjang dalam penanaman karakter disiplin. Faktor penghambat penanaman pendidikan karakter disiplin di SD Negeri Tambakrejo yaitu masalah yang ditimbulkan dari internal diri anak sendiri serta masih kurangnya perhatian, bimbingan, dan motivasi dari beberapa orang tua siswa dalam mendisiplinkan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 May 2025 07:23
Last Modified: 15 May 2025 07:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83607

Actions (login required)

View Item View Item