Evaluasi Program Adiwiyata di SD Negeri Bakalan Bantul Yogyakarta

Tyaswari, Nur Adyani (2023) Evaluasi Program Adiwiyata di SD Negeri Bakalan Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005210_JUDUL__230808104147.pdf

Download (698kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005210_BAB_I__230729123814.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005210_BAB_II__230729123814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005210_BAB_III__230729123814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005210_BAB_IV__230729123814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005210_BAB_V__230729123814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005210_DAFTAR_PUSTAKA__230729123814.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005210_LAMPIRAN__230729123814.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005210_NASKAH_PUBLIKASI__230729123814.pdf

Download (560kB)

Abstract

SD Negeri Bakalan merupakan sekolah dasar yang terletak di Jalan Bantul KM 9, Bakalan, Sawahan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. SD Negeri Bakalan telah mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program adiwiyata khususnya pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP dan metode analisis deskriptif kualitatif. Pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dengan subjek kepala sekolah, tim adiwiyata, tenaga pendidik, peserta didik dan karyawan. Objek dalam penelitian ini adalah kurikulum berbasis lingkungan. Cara menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, verifikasi.
Komponen contect yang meliputi visi, misi, dan tujuan sudah memuat upaya perlidungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sekolah telah mengalokasikan anggaran sebesar 20�ri total anggaran untuk upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 yang sudah disesuaikan dengan program adiwiyata. Komponen input mencakup sarana dan prasarana pendukung pembelajaran lingkungan hidup. Komponen process menjelaskan proses pembelajaran lingkungan hidup yang sudah diterapkan oleh tenaga pendidik di sekolah melalui mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran dengan mengikutsertakan orangtua peserta didik dan masyarakat. Komponen product sudah banyak karya yang dihasilkan baik akademik maupun nonakademik yang sudah dipublikasikan melalui media online maupun offline.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kurikulum Berbasis Lingkungan, Evaluasi Model CIPP
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 16 May 2025 01:36
Last Modified: 16 May 2025 01:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83622

Actions (login required)

View Item View Item