Rahmawati, Miza (2023) Pengembangan Smart Multi Division Materi Perkalian dan Pembagian untuk Siswa Kelas II SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600005227_JUDUL__230729015045.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600005227_BAB_I__230729015045.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600005227_BAB_II__230729015045.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600005227_BAB_III__230729015045.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600005227_BAB_IV__230729015045.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600005227_BAB_V__230729015045.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005227_DAFTAR_PUSTAKA__230729015045.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600005227_LAMPIRAN__230729015045.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005227_NASKAH_PUBLIKASI__230729015045.pdf Download (627kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, serta matematika yang bersifat abstrak merupakan kesulitan tersendiri bagi peserta didik dalam mempelajari matematika. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media Smart Multi Division dan kualitas media Smart Multi Division bagi peserta didik kelas II sekolah dasar.
Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan medtode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan 4D (four-D model) terdiri dari 4 tahapan sebagai berikut : 1) define; 2) design; 3) develop; dan 4) disseminate. Teknis analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis data kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar, saran dan masukan dari validator dan kuantitatif.untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator.
Langkah dari pengembangan Smart Multi Division yakni : 1) melakukan analisis masalah dasar yang terdapat disekolah dari awal sampai dengan akhir; 2) merancang desain media pembelajaran; 3) melakukan pengembangan terhadap desain media pembelajaran dengan melakukan validasi kepada ahli validator guna mengetahui kualitas media yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan media Smart Multi Division diperoleh hasil validasi dari ahli media mendapatkan skor 86 (sangat baik), validasi ahli materi medapatkan skor 80 (baik) dan validasi ahli pembelajaran medapatkan skor 88. Hasil penilaian dari ahli validator diperoleh rata-rata 84,67 dengan kategori “baik sekali”, sehingga kualitas media dalam kriteria layak untuk digunakan peserta didik sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pengembangan Media Pembelajaran, Matematika, Smart Multi Division |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 May 2025 01:37 |
Last Modified: | 16 May 2025 01:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |