Qhorisa, Agnes (2023) Pengembangan Mathion Game Berbasis Teori Sibernetik dan Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Penjumlahan untuk Siswa Tunagrahita. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900006053_JUDUL__230410011833.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900006053_BAB_I__230410011833.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900006053_BAB_II__230410011833.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900006053_BAB_III__230410011833.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900006053_BAB_IV__230410011833.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900006053_BAB_V__230410011833.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006053_DAFTAR_PUSTAKA__230410011833.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900006053_LAMPIRAN__230410011833.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa tunagrahita di SLB Bhakti Kencana dalam memecahkan masalah masih tergolong rendah terhadap materi penjumlahan. Hal itu bisa diketahui dari hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah materi penjumlahan yang dilakukan peneliti kepada siswa tunagrahita. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dikarenakan proses pembelajaran yang masih konvensional tanpa adanya media pendukung secara praktis untuk proses pembelajaran. Media yang digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran adalah media yang bisa menyesuaikan karakteristik siswa tunagrahita. Karakterisitik tunagrahita salah satunya adalah lambat dalam mengolah informasi dikarenakan kemampuan mengingatnya hanya dalam jangka waktu pendek. Sehingga dalam pembelajaran perlu difokuskan pada proses yang bisa membantu siswa dalam mengolah informasi dengan baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan media game yang berbasis teori sibernetik dan berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah materi penjumlahan untuk siswa tunagrahita.
Metode penelitian ini adalah penelitian berupa Research and Development (R&D) yang dalam proses pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SLB Bhakti Kencana Berbah dengan subjek 6 siswa tunagrahita. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes kemampuan awal, wawancara serta angket. Instrumen penelitian menggunakan angket yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta instrumen untuk respon siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis data kualitatif yang kemudian menjadi data kuantitatif dengan mengunakan skor skala Likert .
Berdasarkan uji validasi media game berbasis teori sibernetik tergolong dalam kategori valid dari aspek media dengan perolehan skor rata-rata mencapai 90,5 dan dari aspek materi sebesar 76, sedangkan dari aspek respon siswa media game mencapai 71,67 dengan berada pada kategori praktis. Sehingga media game dapat dinyatakan valida dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa tunagrahita. Penggunaan aplikasi game didukung dengan fitur-fitur yang menarik namun untuk mengoperasikan media hanya dapat diakses di smartphone android saja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Mathion Game, Teori Sibernetik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Siswa Tunagrahita |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:23 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |