Ratnasari, Dewi (2023) Pengembangan Media Berbasis PowToon pada Pembelajaran Teks Drama Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1700003126_JUDUL__231130110836.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1700003126_BAB_I__231122090255.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1700003126_BAB_II__231122090255.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1700003126_BAB_III__231122090255.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1700003126_BAB_IV__231122090255.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1700003126_BAB_V__231122090255.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700003126_DAFTAR_PUSTAKA__231122090255.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1700003126_LAMPIRAN__231122090255.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700003126_NASKAH_PUBLIKASI__231122090255.pdf Download (245kB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, peserta didik menjadi kurang tertarik dan kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran berbasis IT sangat diperlukan, seperti media berbasis PowToon pada Pembelajaran Teks Drama Kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. (1) mendeskripsikan pengembangan media berbasis Powtoon pada pembelajaran teks drama kelas VIII SMP; (2) mendeskripsikan kelayakan media berbasis Powtoon pada pembelajaran teks drama kelas VIII SMP; (3) mendeskripsikan implemetasi media berbasis PowToon pada pembelajaran teks drama kelas VIII SMP.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D. Penelitian memiliki subjek yaitu ahli materi, ahli media, guru SMP atau ahli pengajaran, dan siswa kelas VIII SMP. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi berupa wawancara, kualitatif, dan kuantitatif. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Teknik yang digunakan untuk analisis data pada penelitian ini adalah teknik kuantitatif dengan cara menghitung nilai uji kelayakan untuk mendapatkan hasil kelayakan produk serta hasil implementasi dari siswa untuk mengetahui respons nilai dari siswa. Sedangkan teknik kualitatif digunakan untuk menjelaskan dan mengetahui kritik, saran, dan komentar dari para ahli atau validator serta respons siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pengembangan Media Berbasis PowToon pada Pembelajaran Teks Drama Kelas VIII SMP dilakukan dengan menggunakan 4 dari 5 langkah model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, dan Implementation. Karena keterbatasan waktu yang diberikan sekolah peneliti hanya menggunkan 4 langkah saja. Kemudian dari langkah tersebut peneliti menghasilkan luaran penelitian berbentuk video dengan durasi 2 menit 47 detik; (2) Hasil kelayakan media pembelajaran berdasar nilai ahli materi, ahli media, ahli pengajaran atau guru, dan siswa mendapatkan nilai 87,37 dengan predikat Sangat Layak. Ahli materi memberi nilai kelayakan sebesar 98,33 dengan predikat Sangat Layak. Ahli media memberikan nilai kelayakan sebesar 73,33 dengan predikat Layak. Ahli pengajaran atau guru sebesar 95,55 dengan predikat Sangat Layak; dan (3) Hasil implementasi berdasarkan hasil penilaian respons yang diberikan oleh 32 siswa kepada media pembelajaran yang dibuat oleh peneliti mendapatkan nilai 82,26 dengan predikat Sangat Layak, sehingga dengan hasil penilaian tersebut dapat diimplementasikan media berbasis PowToon pada kelas VIII SMP dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media Pembelajaran, PowToon, Teks Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 May 2025 01:47 |
Last Modified: | 17 May 2025 01:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |