Aeni, Triya Nurul (2024) Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Purwodiningratan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000005218_JUDUL__241113091211.pdf Download (988kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000005218_BAB_I__241113091211.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000005218_BAB_II__241113091211.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000005218_BAB_III__241113091211.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000005218_BAB_IV__241113091211.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000005218_BAB_V__241113091211.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005218_DAFTAR_PUSTAKA__241113091211.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000005218_LAMPIRAN__241113091211.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman guru dan peserta didik dalam pelaksaaan pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran Bahasa Indonesia, serta terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah Purwodiningratan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berdiferensiasi di SD Muhammadiyah Purwodiningratan.
Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan kepala sekolah, guru kelas II, dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa tahapan yaitu tahap persiapan (asesmen awal (diagnostik) dan perancang skenario). Pada tahap pelaksanaan (Diferensiasi konten, proses dan produk) Tahap terakhir yaitu evaluasi dan refleksi (memberikan pertanyaan dan mengulas kembali materi yang telah dipelajari), 2) faktor pendukung dalam pembelajaran berdiferensiasi di SD Muhammadiyah Purwodiningratan yaitu adanya fasilitas yang diberikan pihak sekolah seperti In House Training, workshop, kombel, serta terdapat program Parents Day dan sarana prasarana. Sedangkan pada faktor penghambat masih terdapat beberapa guru yang kurang paham terkait berdiferensiasi dan terdapat beberapa peserta didik yang sulit diatur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 May 2025 02:19 |
Last Modified: | 17 May 2025 02:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |