Rahmatillah, Arsi Fitri (2024) Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Program Milenial Qur’ani di SD Muhammadiyah Purwodiningratan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000005234_JUDUL__241113091212.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000005234_BAB_I__241113091212.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000005234_BAB_II__241113091212.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000005234_BAB_III__241113091212.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000005234_BAB_IV__241113091212.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000005234_BAB_V__241113091212.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005234_DAFTAR_PUSTAKA__241113091212.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000005234_LAMPIRAN__241113091212.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi yang sudah memasuki era society 5.0 membuat manusia harus hidup berdampingan dengan teknologi. Oleh karena itu, sekolah sebagai lembaga formal dimana peserta didik menimbah ilmu harus memiliki program yang mendukung perkembangan zaman yang sesuai dengan nilai-nilai pada profil pelajar Pancasila yang dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia, dan juga memiliki nilai-nilai keislaman agar sikap dan perilakunya tidak melenceng dari ajaran agama. SD Muhammadiyah Purwodiningratan memiliki program milenial qur’ani untuk mendukung profil pelajar Pancasila demi membentuk kepribadian peserta didik serta mewujudkan generasi penerus yang milenial dan melek teknologi, juga berlandaskan pada agama dimana al-qur’an menjadi pedoman dalam kehidupannya sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi profil pelajar Pancasila melalui program milenial qur’ani di SD Muhammadiyah Purwodiningratan pada dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, koordinator ummi, ketua tim keagamaan, guru kelas, dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah implementasi profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia melalui program milenial qur’ani di SD Muhammadiyah Purwodiningratan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) program milenial qur’ani yang mendukung profil pelajar Pancasila antara lain tahsin dengan metode ummi, tahfidzh, takhassus tahfidzh, perayaan hari besar islam (PHBI), qur’an camp, sholat dhuha, keputrian, infaq kelas, hizbul wathan (HW) dan student exchange, (2) faktor pendukung profil pelajar Pancasila melalui program milenial qur’ani di SD Muhammadiyah Purwodiningratan ada 4, yaitu keluarga, guru, lingkungan sosial, dan teknologi, sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah kepribadian peserta didik dan kurangnya fasilitator atau guru pendamping.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Program Milenial Qur’ani |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 May 2025 01:54 |
Last Modified: | 17 May 2025 01:54 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |