Penanaman Nilai-Nilai Akhlak pada Peserta Didik di SD Islam Terpadu Cendekia Yasr Jogonalan Klaten pada Masa Covid-19

Hayati, Liska Liana Nur (2023) Penanaman Nilai-Nilai Akhlak pada Peserta Didik di SD Islam Terpadu Cendekia Yasr Jogonalan Klaten pada Masa Covid-19. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031046_JUDUL__230325112058.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031046_BAB_I__230324121450.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031046_BAB_II__230324121450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031046_BAB_III__230324121450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031046_BAB_IV__230324121450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031046_BAB_V__230324121450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031046_DAFTAR_PUSTAKA__230324121450.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031046_LAMPIRAN__230324121450.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitin ini adalah adanya kemerosotan nilai-nilai
akhlak pada masa covid-19 di SD Islam Terpadu Cendekia Yasr Jogonalan Klaten.
Akibat dari adanya wabah penyakit covid-19 yang menyebabkan kegiatan belajar
mengajar yang semula dilakukan disekolah harus dilakukan di rumah yang sering
disebut dengan pembelajaran daring atau pembelajaran online. Implikasi terhadap
covid-19 terjadinya demorilasi sebagai akibat patahnya rumah sebagai madrasah,
pembelajaran sangat berbeda antara pembelajaran tatap muka langsung dengan
pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
penanaman nilai nilai akhlak pada masa covid-19 melalui interaksi online di SD
Islam Terpadu Cendekia Yasr Jogonalan Klaten serta untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai nilai akhlak melalui interaksi
online di SD Islam Terpadu Cendekia Yasr Jogonalan Klaten.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan, sedangkan teknik
pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik
pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam pelaksanaan
penelitian ini yaitu dengan reduksi data, display data dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak pada masa
covid-19 melalui interaksi online di SD Islam Terpadu Cendekia Yasr Jogonalan Klaten
adalah dengan pendekatan akhlak mahmudah. Untuk mencapai akhlak mahmudah peserta
didik yakni dengan cara, 1. Pembiasaan sholat, menjalankan sholat 5 waktu ditambah
dengan pembiasaan sholat dhuha. 2. Menjaga wudhu, berwudhu selain sebagai syarat sah
sholat juga sebagai bentuk menjaga protokol kesehatan karena protokol kesehatan salah
satunya sering mencuci tangan. Selain itu, pola penanaman dalam membentuk akhlak
mahmudah yaitu dengan ilmu terkait akhlak. Penanaman ilmu fiqih dan pendalaman ilmu
tajwid, selain melalui pemahaman ilmu juga dipraktikkan melalui pembiasaan amal-amal
yang baik yaitu saling berbagi antar teman, pembiasaan infak dihari jum’at, dan melalui
teladan yang baik dari bapak ibu guru serta orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Penanaman, Akhlak, Online
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 20 May 2025 01:07
Last Modified: 20 May 2025 01:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83725

Actions (login required)

View Item View Item