Andani, Meti (2023) Implementasi Metode Pembiasaan Salat Tahajud untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri di SMP Muhammadiyah Al-Manar Boarding School, Galur Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1911331036_JUDUL__230325010920.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1911331036_BAB_I__230325070633.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1911331036_BAB_II__230325065912.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1911331036_BAB_III__230325065912.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1911331036_BAB_IV__230325065912.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1911331036_BAB_V__230325065912.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1911331036_DAFTAR_PUSTAKA__230325065912.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1911331036_LAMPIRAN__230325010920.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Meti Andani (1911331036), Pendidikan Agama islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Latar belakang masalah ini melihat dari kemajuan teknologi dan informasi yang terus berkembang sehingga mempengaruhi pola fikir siswa, terlebih pada pembentukan moral. Pemicu ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor baik dari dalam maupun dari luar. Dengan demikian perlu adanya solusi untuk memperbaiki, agar para generasi tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang merusak moral. Salah satu pendidikan moral yang penting untuk dikembangkan adalah disiplin. Untuk membentuk karakter disiplin dibutuhkan sebuah metode untuk mencapainya, salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan pembiasaan salat tahajud. SMP Muhammadiyah Al-Manar Boarding School menerapkan metode pembiasaan salat tahajud dengan tujuan mendidik santri agar memiliki kesadaran dalam mengelola waktu, sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi metode pembiasaan salat tahajud dan dampaknya terhadap santri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 12 informan yang terdiri dari pimpinan pondok pesantren, musyrifah, guru ISMUBA, dan santri. Dalam memperoleh data dan informasi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi agar data lebih valid. Setelah seluruh data tersedia, kemudian melakukan analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan langkah terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa salat tahajud di SMP Muhammadiyah Al-Manar Boarding School dilaksanakan pada pagi dini hari pukul 03.30 hingga menjelang subuh, dilakukan secara berjamaah yang dipimpin oleh musyrif/ah atau bergilir dengan santri serta melaksanakan 12 rakaat dengan format salat 4-4-3. Manfaat dari pembiasaan salat tahajud ini memberikan dampak yang baik bagi santri khususnya pada karakter disiplin, baik disiplin waktu, disiplin beribadah, dan disiplin dalam bertingkah laku. Hal ini terbukti dari kondisi sebelum dan sesudah santri masuk pondok pesantren dan mengikuti kegiatan-kegiatan salah satunya salat tahajud.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembiasaan, Salat Tahajud, Kedisiplinan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:24 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |