Implementasi Pendidikan Karakter dan Implikasinya terhadap Prestasi Santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran Al Mi’roj Yogyakarta

Haq, Muhammad Wildanul (2023) Implementasi Pendidikan Karakter dan Implikasinya terhadap Prestasi Santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran Al Mi’roj Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031087_JUDUL__230328023142.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031087_BAB_I__230325111825.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031087_BAB_II__230325111825.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031087_BAB_III__230325111825.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031087_BAB_IV__230325111825.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031087_BAB_V__230325111825.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031087_DAFTAR_PUSTAKA__230325111825.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031087_LAMPIRAN__230325111825.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, dimana moral dan akhlak peserta didik kita sangat rendah. Seperti pada kenyataannya, kita dapat lihat sendiri kejadian-kejadian yang terjadi di tanah air ini yang di sebabkan oleh merosotnya moral dan akhlak bangsanya, ada berbagai permasalahan di berbagai lingkungan pondok yaitu terkait nilai moral santri, santri di pondok pesantren memiliki karakter yang berbeda-beda, hal ini dapat berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar santri. Karena erat kaitannya dengan pendidikan karakter, perlu adanya penanaman nilai-nilai karakter yang ditanamkan sejak dini pada peserta didik. Dengan berbagai permasalahan yang ada, penulis meneliti hubungan antara nilai-nilai karakter dan prestasi peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dan implikasinya terhadap prestasi santri di PPTQ Al-Mi’roj Yogyakarta.
Dalam menanamkan nilai-nilai karakter dibutuhkan metode dan strategi yang tepat untuk membina peserta didik agar memiliki moral yang mencerminkan individu yang beragama. Sehingga nilai-nilai karakter yang ditanamkan akan berpengaruh pada prestasi peserta didik.Metode yang digunakan berupa pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan data primer lima orang guru yang masing-masing mengajar dimata pelajaran, Al-Qur’an dan Hadits. Data sekunder didapat melalui buku, koran, dan media internet.
Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat dua temuan penting, yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan pendidik yaitu nilai religius, kerja keras, integritas, kejujuran, demokratis, disiplin, dan cinta tanah air serta implikasinya terhadap prestasi belajar santri. Strategi yang dominan digunakan adalah Inquiry dengan metode ceramah, sedangkan implikasinya terhadap prestasi peserta didik yaitu mengembangkan potensi belajar peserta didik, meningkatkan ketakwaan, dan meningkatkan intelektual peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pendidikan Karakter, Prestasi Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 21 May 2025 06:24
Last Modified: 21 May 2025 06:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83728

Actions (login required)

View Item View Item