Haq, Muhammad Wildanul (2023) Implementasi Pendidikan Karakter dan Implikasinya terhadap Prestasi Santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran Al Mi’roj Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800031087_JUDUL__230328023142.pdf Download (859kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800031087_BAB_I__230325111825.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800031087_BAB_II__230325111825.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800031087_BAB_III__230325111825.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800031087_BAB_IV__230325111825.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800031087_BAB_V__230325111825.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031087_DAFTAR_PUSTAKA__230325111825.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800031087_LAMPIRAN__230325111825.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
Abstract
Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, dimana moral dan akhlak peserta didik kita sangat rendah. Seperti pada kenyataannya, kita dapat lihat sendiri kejadian-kejadian yang terjadi di tanah air ini yang di sebabkan oleh merosotnya moral dan akhlak bangsanya, ada berbagai permasalahan di berbagai lingkungan pondok yaitu terkait nilai moral santri, santri di pondok pesantren memiliki karakter yang berbeda-beda, hal ini dapat berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar santri. Karena erat kaitannya dengan pendidikan karakter, perlu adanya penanaman nilai-nilai karakter yang ditanamkan sejak dini pada peserta didik. Dengan berbagai permasalahan yang ada, penulis meneliti hubungan antara nilai-nilai karakter dan prestasi peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dan implikasinya terhadap prestasi santri di PPTQ Al-Mi’roj Yogyakarta.
Dalam menanamkan nilai-nilai karakter dibutuhkan metode dan strategi yang tepat untuk membina peserta didik agar memiliki moral yang mencerminkan individu yang beragama. Sehingga nilai-nilai karakter yang ditanamkan akan berpengaruh pada prestasi peserta didik.Metode yang digunakan berupa pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan data primer lima orang guru yang masing-masing mengajar dimata pelajaran, Al-Qur’an dan Hadits. Data sekunder didapat melalui buku, koran, dan media internet.
Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat dua temuan penting, yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan pendidik yaitu nilai religius, kerja keras, integritas, kejujuran, demokratis, disiplin, dan cinta tanah air serta implikasinya terhadap prestasi belajar santri. Strategi yang dominan digunakan adalah Inquiry dengan metode ceramah, sedangkan implikasinya terhadap prestasi peserta didik yaitu mengembangkan potensi belajar peserta didik, meningkatkan ketakwaan, dan meningkatkan intelektual peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan Karakter, Prestasi Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 May 2025 06:24 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |