Model Pendidikan Nilai-Nilai Psikoreligius di Masyarakat (Studi di Dusun Tarudan Bangunharjo Sewon Bantul)

Choirrudin, Candra (2024) Model Pendidikan Nilai-Nilai Psikoreligius di Masyarakat (Studi di Dusun Tarudan Bangunharjo Sewon Bantul). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031032_JUDUL__241018112751.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031032_BAB_I__241018112751.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031032_BAB_II__241018112751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031032_BAB_III__241018112751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031032_BAB_IV__241018112751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031032_BAB_V__241018112751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031032_DAFTAR_PUSTAKA__241018112751.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031032_LAMPIRAN__241018112751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800031032_NASKAH_PUBLIKASI__241018112534.pdf

Download (298kB)

Abstract

ABSTRAK
Candra Choirrudin (1800031032), Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mewujudkan cita-cita masyarakat yang islami dibutuhkan nilai-nilai psikoreligius atau disebut dengan terapi keagamaan. Pentingnya psikoreligius yang diharapkan mampu menjadi wadah dalam pembekalan pengembangan nilai-nilai islami di lingkungan masyarakat Dusun Tarudan. Model Pendidikan Nilai-nilai Psikoreligius di Masyarakat di Dusun Tarudan Bangunharjo, faktor pendukung dan penghambat Model Pendidikan Nilai-nilai Psikoreligius Masyarakat di Dusun Tarudan Bangunharjo, dan manfaat model Pendidikan Nilai-nilai Psikoreligius Masyarakat di Dusun Tarudan Bangunharjo dan relevansi dengan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari model Pendidikan nilai-nilai psikoreligius di dusun tarudan, factor pendukung dan penghambat serta menganalisa manfaat model Pendidikan nilai-nilai psikoreligius dan relefansinya dengan Pendidikan islam di masyarakat dusun tarudan bangunharjo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari kepala dusun, seorang ketua Rt, seorang ustadz, tokoh masyarakat dan perwakilan remaja masjid, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku ataupun E-book, jurnal maupun E-Jurnal, dari media cetak dan internet yang berhubungan dengan data yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat di Dusun Tarudan berisikan mengenai kesimpulan akhir sebagai berikut : (1) Model pendidikan nilai-nilai psikoreligius masyarakat di Dusun Tarudan Bangunharjo: model pendidikan kesehatan jiwa masyarakat Tarudan dan model pendidikan kegiatan keagamaan. (2) Faktor pendukung model pendidikan nilai-nilai psikoreligius masyarakat di Dusun Tarudan Bangunharjo: pelayanan kesehatan, keluarga, lingkungan masyarakat, kegiatan keagamaan sedangkan faktor penghambatnya yaitu sikap masyarakat, individu, dan pemahaman agama. (3) Manfaat model pendidikan nilai-nilai Psikoreligius Masyarakat di Dusun Tarudan Bangunharjo, yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat kepada Allah SWT, mewujudkan hubungan sosial yang harmonis, menciptakan masyarakat yang bermoral dan berfikir positif, menciptakan lingkungan masyarakat yang agamis, dan berkembangnya kegiatan keagamaan di masyarakat. Relevansinya dengan pendidikan islam adalah keberhasilan pemaknaan tujuan hidup, empati kepedulian sosial, ketahanan psikologis keluarga, berkurangnya resolusi konflik,etos kerja dan sikap tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Model Pendidikan, Nilai-nilai Psikoreligius, Masyarakat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 20 May 2025 01:05
Last Modified: 20 May 2025 01:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83733

Actions (login required)

View Item View Item