Pengembangan Bahan Ajar Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP

Puspaningrum, Brilian Cahya (2023) Pengembangan Bahan Ajar Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006094_JUDUL__230330113308.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006094_BAB_I__230329030006.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006094_BAB_II__230329030006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006094_BAB_III__230329030006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006094_BAB_IV__230329030006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006094_BAB_V__230329030006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006094_DAFTAR_PUSTAKA__230329030006.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006094_LAMPIRAN__230329030006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900006094_NASKAH_PUBLIKASI__230329030006.pdf

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan di SMP Negeri 1 Bantul yang didapat dengan melakukan wawancara dengan guru matematika SMP Negeri 1 Bantul dimana masih banyak siswa yang belum mendapatkan stimulasi yang baik pada perkembangan kognitif pada tahap konkrit sehingga pada saat memasuki tahap formal siswa kesulitan untuk bernalar ke permasalahan permasalahan yang lebih kompleks dimana penalaran ini akan mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa, bahan ajar yang kurang lengkap khususnya pada pembelajaran matematika kelas 7 dikarenakan menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka, pada materi bangun ruang sisi datar maupun bangun ruang sisi lengkung di bahan ajar yang digunakan di sekolah ini hanya menjelaskan konsep secara umum tidak menjelaskan lebih jauh dari unsur, isi, dan komponen bangun ruang dan visualisasi dari bangun ruang dan soal-soal yang diberikan dalam bahan ajar terlalu kompleks. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dan mengujicobakan bahan ajar tersebut dengan harapan kemampuan literasi matematis siswa SMP dapat meningkat dengan menggunakan bahan ajar yang sudah dikembangkan.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) dengan subjek penelitian yaitu siswa – siswa kelas VII – A SMP Negeri 1 Bantul. sebelum dilakukan uji coba di kelas, bahan ajar serta soal pretest postest harus divalidasi terlebih dahulu ke ahli materi, ahli media, serta ahli pretest postest. Setelah dinilai kevalidannya, maka dilanjutkan dengan mengujicobakan bahan ajar tersebut di kelas kecil dan kelas besar untuk mengetahui respon siswa tersebut terkait bahan ajar yang sudah dikembangkan dan melakukan pretest postest untuk mengetahui peningkatan dari kemampuan literasi matematis siswa.
Hasil penelian didapatkan sebagai berikut : 1) skor ahli materi dan ahli media dan ahli soal uraian masuk kedalam kategori sangat valid; 2) hasil respon siswa dan guru terhadap bahan ajar masuk kedalam kategori sangat praktis; 3) adanya peningkatan rata rata dari hasil pretest ke postest sebanyak 25, 49 poin. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar pop up book pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan literasi matematis siswa SMP dapat digunakan pada pembelajaran bangun ruang sisi datar dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bahan Ajar, Pop Up Book, Bangun Ruang Sisi Datar, Literasi Matemati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 21 May 2025 06:24
Last Modified: 21 May 2025 06:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83738

Actions (login required)

View Item View Item