Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Muhammadiyah Bantul Kota

Anggraini, Erwina Rahma (2023) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Muhammadiyah Bantul Kota. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005152_JUDUL__230402032447.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005152_BAB_I__230329065312.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005152_BAB_II__230329065312.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005152_BAB_III__230329065312.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005152_BAB_IV__230329065313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005152_BAB_V__230329065313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005152_DAFTAR_PUSTAKA__230329065313.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005152_LAMPIRAN__230329065313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005152_NASKAH_PUBLIKASI__230329065313.pdf

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan gerakan literasi sekolah dan faktor penghubung serta penghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Peserta didik di Indonesia memiliki tingkat minat baca rendah. Selain ketersediaan buku yang belum memadai, rendahnya motivasi membaca dikalangan peserta didik menjadi tantangan yang harus dihadapi pemerintah. Saat ini masih banyak peserta didik yang lebih suka menonton televisi dan bermain gadget dari pada membaca. Di sekolah dasar, Pembiasaan membaca mempunyai peranan yang sangat penting. Program GLS sangat penting untuk diterapkan di lembaga pendidikan. Karena dengan adanya gerakan literasi dapat meningkatkan Pembiasaan membaca dan menulis Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian antara lain kepala sekolah, guru dan siswa. Objek penelitian mengenai gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Teknik analisis data dilakukan dengan reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Di SD Muhammadiyah Bantul Kota telah menerapkan GLS dengan menyediakan berbagai macam buku untuk meningkatkan Pembiasaan membaca. Dari penerapan gerakan literasi berhasil meningkatkan Pembiasaan membaca bukan hanya siswa tetapi seluruh warga sekolah. (2) Faktor pendukung adalah antusiasme seluruh warga sekolah, fasilitas pojok, internet memadai, memiliki laman web sendiri dalam menampung karya siswa maupun guru, dan perpustakaan sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu dari segi fasilitas ketersediaan dipojok baca kurang memadai, kurangnya kemauan diri sendiri untuk membaca, dan masih ada suasana kegaduhan siswa yang dapat menganggu siswa lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Pembiasaan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 21 May 2025 06:25
Last Modified: 21 May 2025 06:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83739

Actions (login required)

View Item View Item