Refarma, Freda Adila (2023) Upaya Guru dan Pengurus Asrama dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kemandirian pada Siswa di SMP Muhammadiyah Boarding School Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031355_JUDUL__231213035951.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031355_BAB_I__231213035951.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031355_BAB_II__231213035951.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031355_BAB_III__231213035951.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031355_BAB_IV__231213035951.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031355_BAB_V__231213035951.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031355_DAFTAR_PUSTAKA__231213035951.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031355_LAMPIRAN__231213035951.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah upaya guru dan pengurus asrama dalam mengembangkan kemandirian para santri di Muhammadiyah Boarding School Prambanan yang belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan upaya guru dan pengurus asrama dalam menanamkan nilai-nilai kemandirian pada siswa SMP di Boarding School Prambanan (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru dan pengurus asrama dalam menanamkan nilai-nilai kemandirian pada siswa SMP di Muhammadiyah Boarding School Prambanan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan; Pertama, adanya upaya guru dan pengurus asrama dalam menanamkan nilai-nilai kemandirian pada siswa SMP di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta. Upaya-upaya tersebut antara lain; memberikan tugas mandiri, membiasakan santri dalam mengatur waktunya, kegiatan ABAS, proyek P5, kegiatan seperti HW dan IPM, melakukan controlling dan memaksimalkan kinerja dengan P6U, menanamkan pada santri prinsip kekeluargaan, dengan seminar; Kedua, dalam proses penanaman kemandirian tersebut guru dan pengurus asrama memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor-faktor pendukung guru dan pengurus asrama dalam menanamkan nilai-nilai kemandirian tersebut yaitu; adanya fasilitas yang disediakan oleh sekolah MBS, adanya IPM, HW, TS dan mudabbir, adanya program sekolah terkait kemandirian dan adanya upgrading dan pembekalan pada SDM. Sedangkan faktor-faktor penghambat guru dan pengurus asrama dalam melaksanakan upaya penanaman nilai-nilai kemandirian tersebut adalah Padatnya kegiatan di pondok, Fasilitas yang diberikan masih kurang mencukupi, dan Masih belum maksimalnya kinerja pembina atau pengurus asrama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Asrama, Guru, Kemandirian, Menanamkan, Nilai-nilai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:29 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |