Amelia, Dicna (2023) Implementasi Program Adiwiyata dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Muhammadiyah Condongcatur. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005152_JUDUL__230624024220.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005152_BAB_I__230624024220.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005152_BAB_II__230624024220.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005152_BAB_III__230624024220.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005152_BAB_IV__230624024220.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005152_BAB_V__230624024220.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005152_DAFTAR_PUSTAKA__230624024220.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005152_LAMPIRAN__230624024220.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia menghadapi tantangan rendahnya sumber daya
manusia akibat keterbatasan pendidikan. Oleh karena itu,
diperlukan edukasi dan kesadaran bersama untuk mencapai
generasi muda yang memiliki pengetahuan tentang
pengelolaan lingkungan yang sehat. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan implementasi program Adiwiyata
dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa SD
Muhammadiyah Condongcatur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan melaui wawancara dilakukan dengan kepala
sekolah, guru, tim adiwiyata, dan siswa di SD
Muhammadiyah Condongcatur, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program
Adiwiyata dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan
siswa SD Muhammadiyah Condongcatur meliputi
pembiasaan terhadap lingkungan, karakter siswa, dan
karakter peduli lingkungan. Faktor pendukungnya antara lain
dukungan dari semua warga sekolah mulai dari Kepala
Sekolah, waka, guru, karyawan, dan siswa bahkan support
dari wali murid. Adapun faktor penghambat adalah jumlah
siswa yang cukup banyak, serta pemahaman karakter siswa
terhadap peduli lingkungan masih perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Dasar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:37 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |