Nurhardjanti, Ghaida Yasmin (2024) Peranan Musyrifah dalam Pembinaan Akhlak Santriwati di Pondok Pesantren Al-Ishlah Terpadu Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031219_JUDUL__241106085738.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031219_BAB_I__241105033838.pdf Download (734kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031219_BAB_II__241105033839.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031219_BAB_III__241105033839.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031219_BAB_IV__241105033839.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031219_BAB_V__241105033839.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031219_DAFTAR_PUSTAKA__241105033839.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031219_LAMPIRAN__241105033839.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan musyrifah dalam
pembinaan akhlak santriwati. di pesantren. Musyrifah, sebagai pembimbing dan
teladan bagi santriwati memegang peran penting dalam membentuk karakter dan
moral. Melihat dari perkembangan akhlak santriwati dan pergaulannya banyak
yang berperilaku belum sesuai dengan syari’at Islam. Sehingga peneliti meneliti
bagaimana peran musyrifah serta faktor yang mempengaruhi dalam pembinaan
akhlak santriwati agar kedepannya santriwati dapat merubah generasi muda ini
menjadi generasi yang berakhlakul karimah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara interview bebas terpimpin
dan terstruktur, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Dalam pengambilan
data menggunakan tehnik purpose sampling, karena diilakukan berdasarkan
pertimbangan peneliti sesuai dengan kriteria yang diinginkan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa musyrifah berperan secara sentral
dalam membimbing, mengawasi dan membentuk akhlak santriwati melalui
pendekatan secara menyeluruh. Musyrifah tidak hanya sebagai pembimbing tetapi
menjadi teladan yang baik. Faktor pendukung utama adalah hubungan interaksi
dengan santriwati dan lingkungan yang kondusif. Namun, ada beberapa faktor
penghambat yaitu kurangnya kesadaran dan kestabilan emosi santriwati, pengaruh
latar belakang keluarga, dan pengaruh negatif dari lingkungan luar pesantren.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan musyrifah dalam
pembinaan akhlak santriwati. di pesantren. Musyrifah, sebagai pembimbing dan
teladan bagi santriwati memegang peran penting dalam membentuk karakter dan
moral. Melihat dari perkembangan akhlak santriwati dan pergaulannya banyak yang berperilaku belum sesuai dengan syari’at Islam. Sehingga peneliti meneliti bagaimana peran musyrifah serta faktor yang mempengaruhi dalam pembinaan akhlak santriwati agar kedepannya santriwati dapat merubah generasi muda ini menjadi generasi yang berakhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara interview bebas terpimpin dan terstruktur, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Dalam pengambilan data menggunakan tehnik purpose sampling, karena diilakukan berdasarkan pertimbangan peneliti sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa musyrifah berperan secara sentral
dalam membimbing, mengawasi dan membentuk akhlak santriwati melalui
pendekatan secara menyeluruh. Musyrifah tidak hanya sebagai pembimbing tetapi menjadi teladan yang baik. Faktor pendukung utama adalah hubungan interaksi dengan santriwati dan lingkungan yang kondusif. Namun, ada beberapa faktor
penghambat yaitu kurangnya kesadaran dan kestabilan emosi santriwati, pengaruh latar belakang keluarga, dan pengaruh negatif dari lingkungan luar pesantren.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran, Musyrifah, Pembinaan Akhlak Santriwati. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:39 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |