Fauzi, Robi (2024) Peran Guru ISMUBA dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Quran Hadits pada Siswa Kelas XI TKR di SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031021_JUDUL__241106121026.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031021_BAB_I__241106121026.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031021_BAB_II__241106121026.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031021_BAB_III__241106121026.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031021_BAB_IV__241106121026.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031021_BAB_V__241106121026.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031021_DAFTAR_PUSTAKA__241106121026.pdf Download (157kB) |
Abstract
Peran guru ISMUBA sangat krusial dalam membentuk perkembangan akademik dan karakter peserta didik di SMK Muhammadiyah Kajen. ISMUBA merupakan pembelajaran yang harus dipelajari setiap peserta didik di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Guru ISMUBA SMK Muhammadiyah Kajen menggunakan metode pembelajaran penghafalan Al-Quran pada siswa dalam tingkatkan prestasi belajar Al-Quran Hadits.
Penelitian ini mengkaji terkait, Peran Guru ISMUBA Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Quran Hadits Pada Siswa Kelas XI TKR di SMK Muhammadiyah Kajen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hal ini peneliti mengungkapkan peran guru ISMUBA dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Quran hadits pada siswa kelas XI TKR di SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan.
Hasil penelitian ini menyatakan peran guru ISMUBA dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Quran Hadits pada siswa kelas XI TKR di SMK Muhammadiyah Kajen. Guru ISMUBA berperan selaku pendidik, pengajar, pembimbing, adminisator kelas, pelatih, pembaharu (innovator), model serta teladan. Faktor pendukung serta penghambat guru ISMUBA dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Quran Hadits pada siswa kelas XI TKR di SMK Muhammadiyah Kajen yaitu SDM yang memadai, MGMP PAI, kurikulum yang memadai dan kolaborasi guru ISMUBA dengan guru non-ISMUBA. Adapun faktor penghambatnya yaitu sarana da prasarana yang terkendala, minat belajar siswa yang menurun dan pemahaman yang awam dalam kemuhammadiyahan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran guru, ISMUBA, Prestasi belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:39 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |