Penerapan Buku Panduan Praktikum Berbasis Pode Berbantuan PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Kinematika Kelas XI

Astuti, Dwi Pudi (2024) Penerapan Buku Panduan Praktikum Berbasis Pode Berbantuan PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Kinematika Kelas XI. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800007018_JUDUL__241116093030.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800007018_BAB_I__241116091656.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800007018_BAB_II__241116091656.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800007018_BAB_III__241116091656.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800007018_BAB_IV__241116091656.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800007018_BAB_V__241116091656.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800007018_DAFTAR_PUSTAKA__241116091656.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800007018_LAMPIRAN__241116091656.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

pembelajaran fisika sering kali dianggap sulit dan abstrak, sehingga dapat menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa. pemilihan media pembelajaran yang tepat menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan buku panduan praktikum berbasis PODE berbantuan PhET.
Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen: One Group Pretest-Posttest Design. subjek uji coba penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. tentik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes tertulis. data yang diperoleh berupa hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan uji N-Gain menggunakan aplikasi SPSS untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa.
berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 29 siswa terdapat 79% siswa yang mencapai KKM. sedangkan hanya 21 % siswa tidak mencapai KKM. dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa menggunakan buku panduan praktikum berbasis PODE berbantuan PhET adalah 79% siswa. untuk uji N-Gain diperoleh rata-rata nilai sebesar 0,31. penggunaan buku panduan praktikum berbasis PODE berbantuan PhET mengalami peningkatan dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: hasil belajar kognitif, praktikum, buku panduan praktikum, PhET
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 23 May 2025 03:47
Last Modified: 23 May 2025 03:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83797

Actions (login required)

View Item View Item