Astuti, Dwi Pudi (2024) Penerapan Buku Panduan Praktikum Berbasis Pode Berbantuan PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Kinematika Kelas XI. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800007018_JUDUL__241116093030.pdf Download (602kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800007018_BAB_I__241116091656.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800007018_BAB_II__241116091656.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800007018_BAB_III__241116091656.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800007018_BAB_IV__241116091656.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800007018_BAB_V__241116091656.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800007018_DAFTAR_PUSTAKA__241116091656.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800007018_LAMPIRAN__241116091656.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
pembelajaran fisika sering kali dianggap sulit dan abstrak, sehingga dapat menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa. pemilihan media pembelajaran yang tepat menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan buku panduan praktikum berbasis PODE berbantuan PhET.
Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen: One Group Pretest-Posttest Design. subjek uji coba penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. tentik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes tertulis. data yang diperoleh berupa hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan uji N-Gain menggunakan aplikasi SPSS untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa.
berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 29 siswa terdapat 79% siswa yang mencapai KKM. sedangkan hanya 21 % siswa tidak mencapai KKM. dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa menggunakan buku panduan praktikum berbasis PODE berbantuan PhET adalah 79% siswa. untuk uji N-Gain diperoleh rata-rata nilai sebesar 0,31. penggunaan buku panduan praktikum berbasis PODE berbantuan PhET mengalami peningkatan dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | hasil belajar kognitif, praktikum, buku panduan praktikum, PhET |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:47 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |