Rohmah, Iffatur (2024) Peran Guru PAI dalam Menginternalisasikan Karakter Religius Siswa di SDN Kropak 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000031128_JUDUL__241115075938.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000031128_BAB_I__241115075938.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000031128_BAB_II__241115075938.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000031128_BAB_III__241115075938.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000031128_BAB_IV__241115075938.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000031128_BAB_V__241115075938.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031128_DAFTAR_PUSTAKA__241115075938.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000031128_LAMPIRAN__241115075938.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya krisis akhlak siswa di SDN Kropak 02 Winong Pati Jawa Tengah, dengan adanya kasus bullying, catcalling, dan perundungan secara verbal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakter religius siswa di SDN Kropak 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati; 2) Mengetahui peran guru PAI dalam menginternalisasikan karakter religius siswa di SDN Kropak 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati; 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam menginternalisasikan karakter religius siswa di SDN Kropak 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Merangkum reduksi data, melakukan penyajian data, menarik kesimpulan hingga melakukan pengecekan keabsahan data adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini.
Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Karakter siswa di SDN Kropak 02 dari segi religius kini sudah dapat dikatakan baik. Sekolah melakukan penginternalisasian karakter religius siswa melalui kegiatan pembelajaran dan di luar pembelajaran; 2) Peran guru PAI dalam menginternalisasikan karakter religius siswa di SDN Kropak 02 yaitu sebagai edukator, pembimbing, pemberi teladan dan motivator; 3) Faktor pendukung internalisasi karakter religius dipengaruhi oleh: kemampuan guru PAI dalam mengoptimalkan peran dan tugasnya, keterlibatan orang tua dalam program sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, serta fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu: kepedulian dari beberapa orang tua dan guru masih perlu ditingkatkan, kesadaran diri siswa yang masih kurang dalam membentuk karakter dan akhlak yang baik, serta waktu mengajar yang terbatas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | karakter religius, peran guru PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:47 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |