Strategi Guru ISMUBA dalam Memberikan Motivasi Belajar bagi Siswa di SD Muhammadiyah Sidowayah, Sentolo, Kulon Progo

Mustafida, Atina (2024) Strategi Guru ISMUBA dalam Memberikan Motivasi Belajar bagi Siswa di SD Muhammadiyah Sidowayah, Sentolo, Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031051_JUDUL__241117032111.pdf

Download (938kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031051_BAB_I__241117032111.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031051_BAB_II__241117032111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031051_BAB_III__241117032111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031051_BAB_IV__241117032111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031051_BAB_V__241117032111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031051_DAFTAR_PUSTAKA__241117032111.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031051_LAMPIRAN__241117032111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Atina Mustafida (1800031051), Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Rendahnya motivasi belajar siswa sering dianggap sebagai penyebab rendahnya standar kualitas lulusan suatu sekolah. Di banyak lembaga pendidikan swasta, masalah ini menjadi permasalahan dilematis, karena rendahnya semangat belajar sering kali menghambat siswa untuk menguasai materi pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan beberapa masalah antara lain sejumlah siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya minat atau motivasi dalam belajar, dan lingkungan kelas yang tidak kondusif. Dampak ini menciptakan tantangan bagi guru ISMUBA untuk menciptakan strategi yang lebih menarik dan relevan guna membangun motivasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam proses belajar-mengajar.
Dalam hal ini penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, strategi guru ISMUBA dan faktor pendukung dan penghambat strategi guru ISMUBA dalam memberikan motivasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan meode penelitian kualitatfi deskriptif dengan metode pengumpulan data memakai metode observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa masuk ke dalam kategori tinggi, kemudian strategi guru yang diterapkan adalah menggunakan model dan metode pem belajaran yang beranekaragam dan menciptakan kompetisi yang positif. Sedangkan untuk faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang lengkap, lingkungan sekolah, serta motivasi dan sharing Kelompok Kerja Guru (KKG). Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya motivasi siswa yang berbeda dan kesejahteraan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Strategi, Guru, Motivasi, ISMUBA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 23 May 2025 03:47
Last Modified: 23 May 2025 03:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83803

Actions (login required)

View Item View Item