Mustafida, Atina (2024) Strategi Guru ISMUBA dalam Memberikan Motivasi Belajar bagi Siswa di SD Muhammadiyah Sidowayah, Sentolo, Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800031051_JUDUL__241117032111.pdf Download (938kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800031051_BAB_I__241117032111.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800031051_BAB_II__241117032111.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800031051_BAB_III__241117032111.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800031051_BAB_IV__241117032111.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800031051_BAB_V__241117032111.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031051_DAFTAR_PUSTAKA__241117032111.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800031051_LAMPIRAN__241117032111.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Atina Mustafida (1800031051), Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Rendahnya motivasi belajar siswa sering dianggap sebagai penyebab rendahnya standar kualitas lulusan suatu sekolah. Di banyak lembaga pendidikan swasta, masalah ini menjadi permasalahan dilematis, karena rendahnya semangat belajar sering kali menghambat siswa untuk menguasai materi pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan beberapa masalah antara lain sejumlah siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya minat atau motivasi dalam belajar, dan lingkungan kelas yang tidak kondusif. Dampak ini menciptakan tantangan bagi guru ISMUBA untuk menciptakan strategi yang lebih menarik dan relevan guna membangun motivasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam proses belajar-mengajar.
Dalam hal ini penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, strategi guru ISMUBA dan faktor pendukung dan penghambat strategi guru ISMUBA dalam memberikan motivasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan meode penelitian kualitatfi deskriptif dengan metode pengumpulan data memakai metode observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa masuk ke dalam kategori tinggi, kemudian strategi guru yang diterapkan adalah menggunakan model dan metode pem belajaran yang beranekaragam dan menciptakan kompetisi yang positif. Sedangkan untuk faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang lengkap, lingkungan sekolah, serta motivasi dan sharing Kelompok Kerja Guru (KKG). Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya motivasi siswa yang berbeda dan kesejahteraan guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi, Guru, Motivasi, ISMUBA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:47 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |