Zakaria, Muhammad Rifqi (2024) Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Bengkel Motor Online Menggunakan Metode User Centered Design. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000018051_JUDUL__241118010853.pdf Download (967kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000018051_BAB_I__241118010853.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000018051_BAB_II__241118010853.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000018051_BAB_III__241118010853.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000018051_BAB_IV__241118010853.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000018051_BAB_V__241118010853.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018051_DAFTAR_PUSTAKA__241118010853.pdf Download (234kB) |
Abstract
Bengkel motor merupakan tempat yang melakukan perbaikan maupun perubahan agar
dapat kembali berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan pemilik. Penelitian ini berfokus
pada bengkel motor Kardi Jaya. Banyaknya antrian pelanggan yang melakukan service motor
membuat pelanggan enggan melakukan service karena harus menunggu lama dan tidak ada
informasi antrean. Proses melakukan service di bengkel mengharuskan pengunjung untuk
datang langsung ke bengkel sehingga memperlambat proses service. Selain itu, tidak ada
informasi terkait harga spare part, menyebabkan pengunjung tidak dapat memperkirakan
biaya service untuk mengganti spare part yang rusak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang
desain UI/UX aplikasi antrian booking online dan informasi spare part pada bengkel motor.
Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD) yang
dimulai dari memahami konteks pengguna, menentukan kebutuhan pengguna, merancang
solusi, dan mengevaluasi hasil. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
dan kuesioner SUS. Desain aplikasi yang dibuat dalam bentuk wireframe dan prototype,
kemudian dievaluasi kembali dengan SUS untuk memastikan aplikasi sudah berjalan sesuai
kebutuhan pengguna.
Hasil dari penelitian ini adalah desain user interface aplikasi bengkel motor online
dengan metode UCD. Setelah diberikan kepada 40 responden melalui metode System Usability
Scale (SUS), desain user interface aplikasi bengkel sepeda motor memiliki rentang nilai yang
dapat diterima, peringkat kata sifat yang sangat berharga, dan skor keseluruhan sebesar 90,87.
Hal ini menunjukkan bahwa desain pada aplikasi bengkel motor online memenuhi kebutuhan
pengguna.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | User Interface (UI), User Centered Design (UCD), System Usability Scale (SUS), Website E-Commerce, Spare Part Motor. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 02:38 |
Last Modified: | 28 May 2025 02:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |