Herlambang, Refri Sunu (2023) Keefektifan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900001184_JUDUL__230911030942.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900001184_BAB_I__230911030942.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900001184_BAB_II__230911030942.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900001184_BAB_III__230911030942.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900001184_BAB_IV__230911030942.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900001184_BAB_V__230911030942.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001184_DAFTAR_PUSTAKA__230911030942.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900001184_LAMPIRAN__230911030942.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena kemandirian belajar rendah terjadi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Banguntapan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 2 Banguntapan menunjukkan masih terdapat beberapa siswa yang tidak mengikuti proses pembelajaran selama daring, tidak mengumpulkan tugas, selain itu ketika di rumah tidak belajar apabila tidak didampingi oleh orang tua, dan juga inisiatif siswa untuk belajar sendiri di rumah masih kurang. Selain itu hasil angket menunjukkan dari 43 responden yang mengisi kategori kemandirian belajar rendah sebesar 44%, sedang sebesar 42% dan tinggi sebesar 14%. Guna membantu terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banguntapan diperlukan adanya bantuan dari semua pihak terutama peran seorang guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banguntapan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental, menggunakan model One group pretest posttest design. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling dengan total 10 siswa menggunakan website wheelofnames.com. Uji validitas menggunakan rumus product moment dengan bantuan SPSS. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Cronbach Alpha. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan skala. Adapun Skala kemandirian belajar terdiri dari 53 item yang terbagi ke dalam 5 aspek yaitu percaya diri, mampu bekerja sendiri, menghargai waktu, bertanggungjawab, dan memiliki hasrat untuk bersaing maju. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) dan berdistribusi normal selanjutnya dianalisis menggunakan uji Paired Sample TTest.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai Sig (2-tiled) sebesar 0,001 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kemandirian Belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 May 2025 03:11 |
Last Modified: | 24 May 2025 03:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |