Strategi Guru Ismuba dalam Membentuk Karakter Kejujuran melalui Pembelajaran Aqidah Ahklak di SMK Muhammadiyah 1 Sleman

Ariayanti, Leni (2023) Strategi Guru Ismuba dalam Membentuk Karakter Kejujuran melalui Pembelajaran Aqidah Ahklak di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031100_JUDUL__230912021006.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031100_BAB_I__230911090538.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031100_BAB_II__230911090538.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031100_BAB_III__230911090538.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031100_BAB_IV__230911090538.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031100_BAB_V__230911090538.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031100_DAFTAR_PUSTAKA__230911090538.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031100_LAMPIRAN__230912085404.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI GURU ISMUBA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK
DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

Leni Ariayanti (1900031100), Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Penelitian ini mendeskripsikan penelitian dengan judul “Strategi Guru ISMUBA Dalam Membentuk Karakter Kejujuran Siswa Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sleman”, Penelitian ini dilatar belakangi dengan didapatkannya permasalahan karakter pada siswa, terutama pada karakter jujur, contohnya banyak siswa sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan, siswa pada saat mengerjakan ujian kedapatan mencontek, yang mengakibatkan hal ini di sebabkan kurngnya perhatian atau didikan dari kecil oleh orang tua sehingga menyebabkan orang tua tersebut mengharapkan semua itu kepada pihak sekolah, terutama pada guru ISMUBA.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field researceh) penyampaian hasil penelitian digambarkan secara naratif kualitatif. Penelitian ini dikatakan pendekatan kualitatif karena hasil data yang akan dihimpun berupa kata-kata tertulis atau lisan. Metode dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, kemudian menggunakan teknik analisis data Collection, data Reduction, data Display, dan Verification, kemudiian untuk Keabsahan data menggunakan Tringulasi Teknik.
Hasil dalam penelitian menunjukkan 1) strategi guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa melalui pembelajaran, keteladanan, pembiasaan, memberi nasihat dan perhatian. 2) faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa, yaitu : Faktor pendukung guru/pendidik, dan lingungan sekolah. Faktor penghambatnya orang tua, dan lingkungan pergaulan. Secara kesimpulan dari hasil strategi yang guru gunakan untuk membentuk karakter jujur siswa dapat berjalan dengan baik, atau siswa dapat menerapkan pada diri mereka secara perlahan, akan tetapi tidak semua murid bisa menerapkan karakter kejujuran, hanya sekitar 80% an saja yang bisa menerapkan karakter kejujuran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Strategi Guru Ismuba Dalam Membentuk Karakter Kejujuran di SMK Muhammadiyah 1 Sleman.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 26 May 2025 06:50
Last Modified: 26 May 2025 06:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83825

Actions (login required)

View Item View Item