Ariayanti, Leni (2023) Strategi Guru Ismuba dalam Membentuk Karakter Kejujuran melalui Pembelajaran Aqidah Ahklak di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900031100_JUDUL__230912021006.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900031100_BAB_I__230911090538.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900031100_BAB_II__230911090538.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900031100_BAB_III__230911090538.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900031100_BAB_IV__230911090538.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900031100_BAB_V__230911090538.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031100_DAFTAR_PUSTAKA__230911090538.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900031100_LAMPIRAN__230912085404.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI GURU ISMUBA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK
DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN
Leni Ariayanti (1900031100), Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Penelitian ini mendeskripsikan penelitian dengan judul “Strategi Guru ISMUBA Dalam Membentuk Karakter Kejujuran Siswa Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sleman”, Penelitian ini dilatar belakangi dengan didapatkannya permasalahan karakter pada siswa, terutama pada karakter jujur, contohnya banyak siswa sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan, siswa pada saat mengerjakan ujian kedapatan mencontek, yang mengakibatkan hal ini di sebabkan kurngnya perhatian atau didikan dari kecil oleh orang tua sehingga menyebabkan orang tua tersebut mengharapkan semua itu kepada pihak sekolah, terutama pada guru ISMUBA.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field researceh) penyampaian hasil penelitian digambarkan secara naratif kualitatif. Penelitian ini dikatakan pendekatan kualitatif karena hasil data yang akan dihimpun berupa kata-kata tertulis atau lisan. Metode dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, kemudian menggunakan teknik analisis data Collection, data Reduction, data Display, dan Verification, kemudiian untuk Keabsahan data menggunakan Tringulasi Teknik.
Hasil dalam penelitian menunjukkan 1) strategi guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa melalui pembelajaran, keteladanan, pembiasaan, memberi nasihat dan perhatian. 2) faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa, yaitu : Faktor pendukung guru/pendidik, dan lingungan sekolah. Faktor penghambatnya orang tua, dan lingkungan pergaulan. Secara kesimpulan dari hasil strategi yang guru gunakan untuk membentuk karakter jujur siswa dapat berjalan dengan baik, atau siswa dapat menerapkan pada diri mereka secara perlahan, akan tetapi tidak semua murid bisa menerapkan karakter kejujuran, hanya sekitar 80% an saja yang bisa menerapkan karakter kejujuran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi Guru Ismuba Dalam Membentuk Karakter Kejujuran di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 26 May 2025 06:50 |
Last Modified: | 26 May 2025 06:50 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |