Andini, Diza Raistiana (2024) Profil Literasi Lingkungan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada Materi Perubahan Lingkungan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000008063_JUDUL__241120114952.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000008063_BAB_I__241120114952.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000008063_BAB_II__241120114952.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000008063_BAB_III__241120114952.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000008063_BAB_IV__241120114952.pdf Restricted to Registered users only Download (4B) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000008063_BAB_V__241120114952.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000008063_DAFTAR_PUSTAKA__241120114952.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000008063_LAMPIRAN__241120114952.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi lingkungan merupakan kemampuan individu dalam mengamati dan memahami kelestarian lingkungan, dengan melakukan tindakan yang tepat untuk menjaga, meningkatkan, atau memulihkan sistem ekologi. Literasi lingkungan penting bagi siswa karena dengan pemahaman literasi lingkungan yang baik dapat merubah perilaku sesorang tentang tanggung jawab dalam upaya melindingi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui profil literasi lingkungan siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, ditinjau dari aspek pengetahuan dan sikap peduli lingkungan.
Metode penelitian yang digunakan adalah survei yang menggunakan teknik pengambilan data melalui tes soal dan kuesioner. Literasi lingkungan diukur berdasarkan dua aspek yaitu pengetahuan dan sikap peduli lingkungan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan jumlah 270 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel sebanyak 109 siswa yang terdiri dari 4 rombongan belajar (rombel). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian literasi lingkungan siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada aspek pengetahuan berada pada level 4 dengan kategori diatas standar dan tergolong dalam tingkatan melek operasional. Sedangkan tingkat kemampuan literasi lingkungan siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada aspek sikap peduli lingkungan berada pada level 2 dengan kategori mendekati standar dan tergolong dalam tingkatan mendekati literasi fungsional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | literasi lingkungan, perubahan lingkungan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 05:41 |
Last Modified: | 28 May 2025 05:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |