Hasan, Muhammad Fachri (2024) Perancangan Ulang Desain UI/UX Nibras Information Data Center Menggunakan Metode Lean UX Studi Kasus: PT Fatahillah Anugerah Nibras. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900016015_JUDUL__241120022756.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900016015_BAB_I__241120011151.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900016015_BAB_II__241120011151.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900016015_BAB_III__241120011152.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900016015_BAB_IV__241120011152.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900016015_BAB_V__241120011152.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016015_DAFTAR_PUSTAKA__241120011152.pdf Download (4MB) |
Abstract
Perancangan Ulang Desain UI/UX Nibras Information Data
Center Menggunakan Metode Lean UX
Studi kasus : PT Fatahillah Anugerah Nibras
REDESIGNING UI/UX DESIGN OF NIBRAS INFORMATION DATA
CENTER USING LEAN UX METHOD
PT Fatahillah Anugerah Nibras Case Study
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan
pengguna aplikasi NIDC Dashboard melalui perancangan ulang aplikasi. Aplikasi
NIDC Dashboard merupakan sebuah aplikasi yang digunakan oleh PT Fatahillah
Anugerah Nibras untuk mengelola data penjualan, stok barang, dan data
keuangan. Aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan yang mempengaruhi
kualitas dan kepuasan pengguna, seperti tampilan yang kurang menarik, navigasi
yang sulit, dan fitur yang tidak lengkap. Dengan demikian, perlu dilakukan
perancangan ulang aplikasi untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan pengguna.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengguna dan mendesain
ulang fitur aplikasi NIDC Dashboard untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Metode penelitian ini menggunakan Lean UX yang terdiri dari 4 tahap.
pertama adalah declare assumptions, yaitu melakukan observasi dan wawancara
untuk mengetahui kebutuhan dan menentukan hasil. Tahap kedua adalah Create
MVP, yaitu merancang prototype yang terdiri dari Sitemap, wireframe, dan
prototype. Tahap ketiga adalah run and experiment, yaitu menguji kelayakan
rancangan ulang kepada pengguna. Tahap keempat adalah feedback and research,
yaitu mengumpulkan umpan balik dari pengguna mengenai hasil prototipe
menggunakan pengujian kuesioner SUS.
Pengujian perancangan ulang diperoleh hasil aspek efektifitas sebesar
100%, aspek efisiensi yang tinggi dengan time based efficiency, yaitu 7,74
detik/skenario. Dan memiliki tingkat kepuasan pengguna yang sangat tinggi, yaitu
91,38% termasuk dalam kategori grade A, range acceptable, dan adjective adalah
best imaginable. Dengan demikian, perancangan ulang aplikasi telah berhasil
meningkatkan kualitas dan kepuasan pengguna dan telah memenuhi tingkat
efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Lean UX, Usability, Perangan ulang, Aplikasi NIDC Dashboard |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 06:11 |
Last Modified: | 28 May 2025 06:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |