Kusumaningrum, Aprilia (2024) Hubungan antara Kesepian dan Stres Akademik dengan Smartphone Addiction pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000013211_JUDUL__241121062757.pdf Download (875kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000013211_BAB_I__241121062757.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000013211_BAB_II__241121062757.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000013211_BAB_III__241121062757.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000013211_BAB_IV__241121062757.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000013211_BAB_V__241121062757.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013211_DAFTAR_PUSTAKA__241121062757.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000013211_LAMPIRAN__241121062757.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013211_NASKAH_PUBLIKASI__241121062757.pdf Download (659kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan antara kesepian dan stress akademik dengan smartphone addiction pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa skala. Ada tiga skala, skala smartphone addiction memodifikasi MPAI (Mobile Phone Addict Index) dari Leung (2007), skala kesepian memodifikasi UCLA-LS3 (University of California Los Angeles Loneliness Scale Version 3) oleh Russel (1996), dan skala stres akademik memodifikasi ESSA (Educational Stress Scale for Edolescents) oleh Sun et al. (2011). Penelitian ini melibatkan sampel penelitian sebanyak 95 mahasiswa. Simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel penelitian. Hasil penelitian membuktikan: (a) ada peran bersama-sama yang sangat signifikan antara kesepian dan stress akademik dengan smartphone addiction, taraf signifikansi 0,000 (p<0,01) dan F = 10,434; (b) ada peran yang sangat signifikan pada kesepian untuk meningkatkan smartphone addiction, nilai Standardized Beta 0,351, nilai t=3,723 dan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,01); (c) ada peran yang signifikan pada stress akademik untuk meningkatkan smartphone addiction, nilai Standardized Beta 0,229, nilai t=2,432 dan taraf signifikansi 0,017 (p<0,05). Sumbangan efektif kesepian dan stres akademik terhadap smartphone addiction sebesar 18,5%. Dapat disimpulkan, kesepian dan stres akademik perlu dicegah agar tidak meluas pada permasalahan smartphone addiction.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | kesepian, smartphone addiction, stress akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 06:12 |
Last Modified: | 28 May 2025 06:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |