Irfani, Mutiara Kholda (2023) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN Adisana 04. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005357_JUDUL__230403075207.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005357_BAB_I__230403075207.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005357_BAB_II__230403075207.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005357_BAB_III__230403075207.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005357_BAB_IV__230403075207.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005357_BAB_V__230403075207.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005357_DAFTAR_PUSTAKA__230403075207.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005357_LAMPIRAN__230403075207.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005357_NASKAH_PUBLIKASI__230403075207.pdf Download (310kB) |
Abstract
Guru dalam proses pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting karena guru berhubungan langsung dengan peserta didik. Salah satu mata pelajaran yang harus di kuasai peserta didik adalah matematika. Pembelajaran Matematika diharapkan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas agar siswa tidak bosan, jenuh dan hanya diam dalam mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika dengan model kooperatif tipe talking stick.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas belajar peserta didik yang telah di validasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Adisana 04 yang berjumlah 21 peserta didik yang terdiri dari 6 peserta didik perempuan dan 15 peserta didik laki-laki. Teknik analisis data dengan cara analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas peserta didik kelas V SD. Peningkatan aktivitas belajar tersebut dicapai melalui dua siklus. Hasil tersebut ditunjukan dari adanya peningkatan aktivitas belajar Matematika peserta didik dari setiap siklus. Berdasarkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus 1 pertemuan I sebesar 33,63% kemudian siklus I pertemuan II meningkat menjadi 50,29%. Aktivitas belajar peserta didik pada II pertemuan I sebesar 64,88% kemudian siklus II pertemuan II sebesar 76,48% sehingga persentase aktivitas peserta didik pada siklus II sebesar 73% mencapai pada kriteria tinggi. Hasil belajar sebelum menggunakan tiap siklus diperoleh 28,58%. Pada siklus I diperoleh 57,14% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 76,19%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V SDN Adisana 04.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2025 06:13 |
Last Modified: | 28 May 2025 06:13 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |