Purnama, Aditya (2025) Profil Komunikasi Interpersonal Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800001053_JUDUL__250409125213.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800001053_BAB_I__250408100156.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800001053_BAB_II__250408100156.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800001053_BAB_III__250408100156.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800001053_BAB_IV__250408100156.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800001053_BAB_V__250408100156.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001053_DAFTAR_PUSTAKA__250408100156.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800001053_LAMPIRAN__250408100156.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_1800001053_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250408100156.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami profil komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, berdasarkan fakta-fakta yang teramati di lapangan. Dengan mendeskripsikan pola komunikasi yang terjadi di kalangan siswa, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik mengenai interaksi sosial mereka, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, yang melibatkan sampel sebanyak 178 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang digunakan sebagai alat ukur komunikasi interpersonal siswa. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta terbagi dalam tiga kategori. Pada siswa perempuan, 11% berada pada kategori rendah, 67% pada kategori sedang, dan 22% pada kategori tinggi. Pada siswa laki-laki, 22% berada pada kategori rendah, 66% pada kategori sedang, dan 12% pada kategori tinggi. Secara keseluruhan, dari 178 siswa yang diteliti, 16% berada pada kategori rendah, 67% pada kategori sedang, dan 17% pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat komunikasi interpersonal yang sedang, yang perlu dikembangkan lebih lanjut untuk menciptakan interaksi yang lebih efektif di sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | komunikasi interpersonal, sosial, remaja, pribadi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:49 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |