Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Topik Light-Emitting Diode untuk Pembelajaran Fisika SMA

Andrilana, Andrilana (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Topik Light-Emitting Diode untuk Pembelajaran Fisika SMA. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2007041011_JUDUL__240717101915.pdf

Download (887kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2007041011_BAB_I__240716054433.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2007041011_BAB_II__240716054433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2007041011_BAB_III__240716054433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2007041011_BAB_IV__240716054433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2007041011_BAB_V__240716054433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2007041011_DAFTAR_PUSTAKA__240716054433.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2007041011_LAMPIRAN__240716054433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T2_2007041011_NASKAH_PUBLIKASI__240716054433.pdf

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik yang disebabkan oleh bahan ajar yang terlalu berfokus pada konten pengetahuan dan kurang kontekstual. Pembelajaran Fisika di SMA seringkali tidak dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari, padahal konteks tersebut dapat membantu peserta didik memahami materi lebih baik. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih terbatas pada buku paket dan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Fisika berbasis kontekstual dengan topik Light-Emitting Diode (LED). Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual dengan topik LED, menguji kelayakan dan keterbacaan bahan ajar tersebut, serta mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan dengan kerangka kerja Model of Educational Reconstruction (MER). MER terdiri dari tiga komponen utama: klarifikasi dan analisis konten sains, penelitian pada proses pembelajaran, serta desain dan evaluasi proses pembelajaran. Proses klarifikasi dan analisis konten sains dilakukan melalui analisis literatur tentang LED dari tiga referensi utama dari artikel ilmiah dan buku. Tahap kedua didapatkan melalui wawancara penggalian perspektif peserta didik mengenai LED. Hasil penggalian perspektif peserta didik ini digunakan sebagai bahan proses reduksi-didaktik dan penghalusan teks. Desain dan evaluasi dilakukan dengan uji coba bahan ajar kepada peserta didik untuk mengukur kelayakan dan keterbacaan bahan ajar. Uji kelayakan dilakukan dengan uji validitas isi oleh tiga orang ahli dalam bidang Fisika dan Pendidikan Fisika, serta penilaian unsur bahasa, penyajian dan kegrafikaan oleh dua orang ahli di bidang Bahasa Indonesia dan jurnalistik. Adapaun uji keterbacaan dilakukan dengan menggunakan uji Fry.
Hasil proses klarifikasi dan analisis konten sains dilakukan melalui analisis literatur tentang LED menunjukkan bahwa konsep Fisika SMA yang berkaitan dengan konteks LED adalah energi dan transformasinya, listrik arus searah, radiasi elektromagnetik, sistem elektronika dan fisika kuantum. Berdasarkan temuan perspektif peserta didik, digunakan tiga cara reduksi-didaktik dalam proses penyusunan bahan ajar, yaitu 1) penggunaan tingkat perkembangan sejarah, 2) pengabaian, dan 3) penggunaan penjelasan berupa gambar. Hasil uji validitas isi menunjukkan nilai CVR +1 yang berarti bahwa validitas isinya dinilai sangat tinggi. Hasil penilaian aspek bahasa, penyajian dan kegrafikaan menunjukkan angka 91,84% yang berarti bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat layak. Uji Fry menunjukkan bahwa keterbacaan bahan ajar ini sesuai untuk peserta didik kelas 10, 11 dan 12. Adapun respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan sebagian besar menunjukkan respon positif terkait relevansi materi dan konteks, tampilan serta kemudahan produk bahan ajar untuk dipahami. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar bahan ajar berbasis kontekstual seperti ini dikembangkan lebih lanjut untuk topik-topik lain dalam pembelajaran Fisika. Selain itu, penting bagi pengambil kebijakan pendidikan untuk mempertimbangkan integrasi bahan ajar kontekstual dalam kurikulum guna meningkatkan literasi sains dan relevansi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: bahan ajar, kontekstual, Fisika, LED, MER
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:54
Last Modified: 04 Jun 2025 03:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84015

Actions (login required)

View Item View Item