Melinda, Dea (2024) Profil Karakter Religius Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta melalui Budaya Sekolah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2011031167_JUDUL__241121030850.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2011031167_BAB_I__241121030850.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2011031167_BAB_II__241121030850.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2011031167_BAB_III__241121030850.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2011031167_BAB_IV__241121030850.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2011031167_BAB_V__241121030850.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011031167_DAFTAR_PUSTAKA__241121030850.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2011031167_LAMPIRAN__241121030850.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
PROFIL KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA MELALUI BUDAYA SEKOLAH
Dea Melinda (2011031167) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan agama di kalangan siswa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Beberapa siswa memiliki pemahaman agama yang kuat, terutama mereka yang sebelumnya bersekolah di pesantren, sementara siswa lain hanya memiliki pemahaman agama yang mendasar. Selain itu, tantangan yang muncul dalam penanaman karakter religius yaitu pengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai religius, seperti cara berpakaian yang melanggar aturan sekolah dan kurangnya dukungan keluarga seperti orang tua yang sibuk bekerja dan tidak memperhatikan ibadah anak. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan karakter religius siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. 2) mendeskripsikan budaya sekolah di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 12 terdiri dari Waka Kesiswaan, 2 guru ISMUBA, 3 wali kelas XI, dan 6 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan 1) berdasarkan pada teori Glock dan Stark, karakter religius di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta ini lebih unggul pada dimensi peribadatan (ritual), seperti sholat berjamaah, pelatihan adzan, tadarus, kajian muslimah, tahfidz, reading of asmaul husna, tasmi’ Qur’an, bina baca Al-Qur’an, kajian kelas ke rumah-rumah siswa, dan mubaligh hijrah. 2) berdasarkan teori budaya sekolah, SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta cenderung lebih unggul pada budaya religius. Hal ini terlihat dari konsistensi sekolah dalam mengintegrasikan nilai-nilai religius ke dalam berbagai kegiatan sehari-hari siwa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Karakter, Religius, Siswa, Budaya, Sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 03:58 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 03:58 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |