Melisa, Ervi Nur (2023) Penanaman Karakter Mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Negeri Karanganyar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800005329_JUDUL__230529110847.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800005329_BAB_I__230513082955.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800005329_BAB_II__230513082955.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800005329_BAB_III__230513082955.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800005329_BAB_IV__230513082955.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800005329_BAB_V__230513082955.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005329_DAFTAR_PUSTAKA__230513082955.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800005329_LAMPIRAN__230513082955.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005329_NASKAH_PUBLIKASI__230529110743.pdf Download (404kB) |
Abstract
Abstrak
Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan anak yang memiliki keadaan berbeda dari anak normal lainnya sehingga memerlukan perhatian khusus terutama dalam pendidikannya. Karakter mandiri merupakan karakter pertama yang harus ditanamkan pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter mandiri pada anak berkebutuhan khusus dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung penanaman karakter mandiri pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Negeri Karanganyar Yogyakarta.
Penelitian ini mengguanakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, dan guru pendamping khusus. Objek penelitian mengenai penanaman karakter mandiri pada anak berkbutuhan khusus di SD Negeri Karanganyar. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanaman karakter mandiri pada anak berkebutuhan khusus di lakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap persiapan berupa guru melakukan kolaborasi bersama orangtua, tahap pelaksanaan berupa pembiasaan, intelnalisasi pada pembelajaran, dan kegiatan sehari-hari, yang terakhir yaitu tahap evaluasi, tahap evaluasi di lakukan tiga bulan sekali saat tengah semester. Faktor pendukung orang tua yang mensupport, warga sekolah, serta sarana dan prasarana. Faktor penghambat kurangnya kesadaran orangtua, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Anak Berkebutuhan Khusus, Karakter Mandiri, Sekolah Dasar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 08:22 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 08:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |