Penanaman Karakter Mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Negeri Karanganyar

Melisa, Ervi Nur (2023) Penanaman Karakter Mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Negeri Karanganyar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005329_JUDUL__230529110847.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005329_BAB_I__230513082955.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005329_BAB_II__230513082955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005329_BAB_III__230513082955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005329_BAB_IV__230513082955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005329_BAB_V__230513082955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005329_DAFTAR_PUSTAKA__230513082955.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005329_LAMPIRAN__230513082955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005329_NASKAH_PUBLIKASI__230529110743.pdf

Download (404kB)

Abstract

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan anak yang memiliki keadaan berbeda dari anak normal lainnya sehingga memerlukan perhatian khusus terutama dalam pendidikannya. Karakter mandiri merupakan karakter pertama yang harus ditanamkan pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter mandiri pada anak berkebutuhan khusus dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung penanaman karakter mandiri pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Negeri Karanganyar Yogyakarta.
Penelitian ini mengguanakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, dan guru pendamping khusus. Objek penelitian mengenai penanaman karakter mandiri pada anak berkbutuhan khusus di SD Negeri Karanganyar. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanaman karakter mandiri pada anak berkebutuhan khusus di lakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap persiapan berupa guru melakukan kolaborasi bersama orangtua, tahap pelaksanaan berupa pembiasaan, intelnalisasi pada pembelajaran, dan kegiatan sehari-hari, yang terakhir yaitu tahap evaluasi, tahap evaluasi di lakukan tiga bulan sekali saat tengah semester. Faktor pendukung orang tua yang mensupport, warga sekolah, serta sarana dan prasarana. Faktor penghambat kurangnya kesadaran orangtua, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Anak Berkebutuhan Khusus, Karakter Mandiri, Sekolah Dasar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:22
Last Modified: 05 Jun 2025 08:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84082

Actions (login required)

View Item View Item