Setiawan, Dian (2023) Pengembangan Media Komik Strip tentang Bullying dalam Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 4 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800001184_JUDUL__230603024215.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800001184_BAB_I__230603024215.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800001184_BAB_II__230603024215.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800001184_BAB_III__230603024215.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800001184_BAB_IV__230603024215.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800001184_BAB_V__230603024215.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001184_DAFTAR_PUSTAKA__230603024215.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800001184_LAMPIRAN__230603024215.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Maraknya tindak kenakalan remaja tak jarang terjadi pada remaja di Indonesia tak terkecuali ketika siswa berada disekolah. Ketika jam pelajaran kosong yang bermula dari gurauan yang kemudian menjadi sebuah kekerasan terhadap sesama, bisa berujung pada tindakan bullying, bahkan tidak sedikit media yang meliput adanya bullying antar pelajar yang terjadi di sekolahnya. Tentunya peserta didik akan mengalami gangguan dalam mengembangkan potensinya di sekolah. Guru BK memiliki peranan penting dalam mencegah dan mengatasi permasalahan ini disekolah dengan layanan BK yang tentunya menggunakan media yang layak. Dalam penelitian dikembangkan sebuah komik strip tentang bullying dalam bimbingan kelompok di SMA Negeri 4 Yogyakarta dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui profil bullying di SMA Negeri 4 Yogyakarta, mengetahui hasil validasi ahli materi, media dan layanan serta mengetahui hasil uji keterbacaan komik strip yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yaitu Analysis (analisis) dengan menganalisis kebutuhan dan analisis materi. Tahap Development (Pengembangan) yaitu mengembangkan produk komik strip tentang bullying berdasarkan desain rancangan yang telah disusun. Tahap implementation (Implementasi) ini dilakukan dengan mengujikan produk pada siswa SMA Negeri 4 Yogyakarta, dan tahap Evaluation (Evaluasi) terhadap keseluruhan proses pengembangan media komik strip tentang bullying. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, skala bullying, skala uji validasi ahli materi, media dan layanan serta skala uji keterbacaan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini yaitu diketahui bahwa profil bullying siswa di SMA Negeri 4 Yogyakarta termasuk rendah. Media komik strip tentang bullying yang berdasarkan hasil validasi materi mendapatkan nilai 80, validasi media 90, validasi layanan 85 dan uji keterbacaan mendapatkan nilai 94,6. Dari keseluruhan penilaian tersebut dan setelah revisi berdasarkan komentar dari ahli, komik strip yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat baik” dan layak digunakan sebagai media layanan bimbingan kelompok. Rekomendasi dari peneliti kepada peneliti selanjutnya yaitu komik strip ini bisa dilakukan uji keefektifannya dalam mereduksi bullying dengan menggunakan metode penelitian eksperimen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Komik Strip, Bullying, Bimbingan Kelompok |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 08:28 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 08:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |