Fadhilah, Siti Nur (2024) Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak Berbasis Budaya 5S di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta Tahun 2023/2024. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2011005217_JUDUL__240722054705.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2011005217_BAB_I__240722054705.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2011005217_BAB_II__240722054705.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2011005217_BAB_III__240722054705.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2011005217_BAB_IV__240722054705.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2011005217_BAB_V__240722054705.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011005217_DAFTAR_PUSTAKA__240722054705.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2011005217_LAMPIRAN__240722054705.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_2011005217_NASKAH_PUBLIKASI__240722054705.pdf Download (417kB) |
Abstract
Kebijakan sekolah ramah anak menjadi salah satu usaha preventif dalam mewujudkan pemenuhan kebutuhan hak dasar anak. Hak dasar anak dalam sekolah ramah anak pada lembaga pendidikan yang selama ini masih banyak berfungsi sebagai tempat pembelajaran ilmu pengetahuan, haruslah mampu menumbuhkan karakter melalui budaya 5S. Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) pada aktivitas pembelajaran menjadi salah satu bentuk keunikan sekolah dengan sekolah lain. penelitian ini bertujuan untuk mengevalausi dan mendeskripsikan pelaksanaan program sekolah ramah anak berbasis budaya 5S.
Lokasi penelitian yaitu SD Negeri Ngupasan Yogyakarta dengan jenis penelitian evaluasi model CIPP. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Miles dan Huberman melalui proses pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, tim sekolah ramah anak, dua guru, dan dua peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan komponen context yang memuat visi, misi, tujuan, dan SK SRA sudah memuat kebijakan tentang anti kejahatan terhadap anak. Komponen input meliputi tersedianya sarana dan prasarana sesuai prasyarat SRA dan adanya konsep pembelajaran SRA berbasis budaya 5S sudah sesuai dengan kriteria buku panduan SRA. Komponen process tentang adanya partisipasi peserta didik, partisipasi pihak eksternal dalam memfasilitasi dan mendukung kegiatan SRA, serta pelaksanaan proses pembelajaran SRA berbasis budaya 5S telah terlaksana dengan baik. Sehingga, program menghasilkan kompon product meliputi pendidik dan tenaga kependidikan terlatih pengetahuan tentang hak-hak anak dan memiliki program kerja SRA. Serta adanya perkembangan psikososial peserta didik untuk menjadi lebih percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki dan dapat bertanggungjawab atas keputusan yang diambil.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Evaluasi Program, Sekolah Ramah Anak, Budaya 5S, Model CIPP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:35 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |