Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Desa Wisata Bur Telege

Rezda, Hafizh Usan (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Desa Wisata Bur Telege. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000030036_JUDUL__240919030712.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000030036_BAB_I__240919030712.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000030036_BAB_II__240919030712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000030036_BAB_III__240919030712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000030036_BAB_IV__240919030712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000030036_DAFTAR_PUSTAKA__240919030712.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000030036_LAMPIRAN__240919030712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Desa Wisata Bur Telege masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Salah satu masalah utama adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat umum tentang keberadaan desa pariwisata ini. Banyak wisatawan yang belum mengetahui potensi wisata yang menarik di Desa Wisata Bur Telege. Dengan merancang strategi promosi yang matang dan efektif, serta melibatkan masyarakat lokal secara aktif, Pokdarwis Desa Wisata Bur Telege berharap dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Diharapkan kesadaran akan potensi pariwisata menarik di desa ini akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi lokal, pelestarian budaya, dan peningkatan kualitas hidup warga setempat.
Studi ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif, bertujuan menyajikan deskripsi komprehensif dan mendalam mengenai kondisi serta kejadian di lokasi penelitian. Teknik pengambilan data mencakup interview, pengamatan langsung, dan penelusuran dokumen. Proses analisis melibatkan tahapan penyederhanaan informasi, penyajian data, konfirmasi temuan, penarikan kesimpulan, serta pengujian validitas hasil.
Hasil dalam penelitian ini yaitu meningkatkan jumlah wisatawan yang dilakukan oleh pokdarwis desa wisata bur telege melalui komunikasi pemasaran model SOSTAC yang dikemukakan oleh Paul.R Smith (1993). Dengan menggunakan SOSTAC pokdarwis dapat mengetahui Langkah-langkah untuk meningkatkan jumlah wisatawan dengan menganalisis situation, objektives, strategy, taktik, action dan control.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Desa wisata bur telega, Pokdarwis, Wisatawan, Meningkatkan, SOSTAC
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HM Sociology
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:38
Last Modified: 11 Jun 2025 03:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84109

Actions (login required)

View Item View Item