Implementasi Kultur Sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam Menginternalisasikan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Tahun Ajaran 2021/2022

Khoirina, Rafika (2024) Implementasi Kultur Sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam Menginternalisasikan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800031187_JUDUL__240920050837.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800031187_BAB_I__240920050837.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800031187_BAB_II__240920050837.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800031187_BAB_III__240920050837.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800031187_BAB_IV__240920050837.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800031187_BAB_V__240920050837.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031187_DAFTAR_PUSTAKA__240920050837.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800031187_LAMPIRAN__240920050837.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah telah menerapkan kebijakan untuk penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan pembelajaran dilakukan dari rumah atau daring. Namun dengan kebijakan tersebut mulai banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan pada karakter peserta didik dan lunturnya kultur sekolah. Pendidikan karakter di sekolah dapat berjalan optimal, efektif, dan efisien, maka diperlukan kegiatan manajemen yang tepat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui implementasi kultur sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam menginternalisasikan pendidikan karakter di masa pandemi tahun ajaran 2021/2022. 2) Mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kultur sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam menginternalisasikan pendidikan karakter di masa pandemi Tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, staf kesiswaan, dan guru SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kultur sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam menginternalisasikan Pendidikan karakter di masa pandemi tahun ajaran 2021/2022 adalah dengan cara mengoptimalkan kerjasama pihak sekolah dengan wali murid, memanfaatkan teknologi yang ada, memberikan sharing kepada peserta didik, dan dorongan untuk membantu terhadap sesama. Adapun faktor yang mendukung yaitu semangat yang ada dalam diri peserta didik, adanya dukungan dari orang tua, alat komunikasi yang lancar dan lingkungan yang positif. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu adanya keterbatasan interaksi sosial, lingkungan sekitar yang negatif dan koneksi jaringan yang buruk.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi Kultur Sekolah, Internalisasi Pendidikan Karakter, Masa Pandemi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:38
Last Modified: 11 Jun 2025 03:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84114

Actions (login required)

View Item View Item