Khoirina, Rafika (2024) Implementasi Kultur Sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam Menginternalisasikan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800031187_JUDUL__240920050837.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800031187_BAB_I__240920050837.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800031187_BAB_II__240920050837.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800031187_BAB_III__240920050837.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800031187_BAB_IV__240920050837.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800031187_BAB_V__240920050837.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031187_DAFTAR_PUSTAKA__240920050837.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800031187_LAMPIRAN__240920050837.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pemerintah telah menerapkan kebijakan untuk penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan pembelajaran dilakukan dari rumah atau daring. Namun dengan kebijakan tersebut mulai banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan pada karakter peserta didik dan lunturnya kultur sekolah. Pendidikan karakter di sekolah dapat berjalan optimal, efektif, dan efisien, maka diperlukan kegiatan manajemen yang tepat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui implementasi kultur sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam menginternalisasikan pendidikan karakter di masa pandemi tahun ajaran 2021/2022. 2) Mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kultur sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam menginternalisasikan pendidikan karakter di masa pandemi Tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, staf kesiswaan, dan guru SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kultur sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Yogyakarta dalam menginternalisasikan Pendidikan karakter di masa pandemi tahun ajaran 2021/2022 adalah dengan cara mengoptimalkan kerjasama pihak sekolah dengan wali murid, memanfaatkan teknologi yang ada, memberikan sharing kepada peserta didik, dan dorongan untuk membantu terhadap sesama. Adapun faktor yang mendukung yaitu semangat yang ada dalam diri peserta didik, adanya dukungan dari orang tua, alat komunikasi yang lancar dan lingkungan yang positif. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu adanya keterbatasan interaksi sosial, lingkungan sekitar yang negatif dan koneksi jaringan yang buruk.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi Kultur Sekolah, Internalisasi Pendidikan Karakter, Masa Pandemi. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:38 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |