Priyanta, Priyanta (2024) Model Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terintegrasi Industri di SMK. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T2_2208046073_JUDUL__240920055022.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T2_2208046073_BAB_I__240920055022.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T2_2208046073_BAB_II__240920055022.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T2_2208046073_BAB_III__240920055022.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T2_2208046073_BAB_IV__240920055022.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T2_2208046073_BAB_V__240920055022.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T2_2208046073_DAFTAR_PUSTAKA__240920055022.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T2_2208046073_LAMPIRAN__240920055022.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T2_2208046073_NASKAH_PUBLIKASI__240920064608.pdf Download (437kB) |
Abstract
Priyanta. 2024. Model Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terintegrasi Industri di SMK. Tesis. Yogyakarta: Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan
Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK) memegang peranan penting dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten untuk memasuki pasar kerja. Namun, data terbaru menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di kalangan lulusan SMK mencapai lebih dari 9,2%, mengindikasikan adanya kesenjangan antara kesiapan kerja siswa dan tuntutan pasar kerja. Kesenjangan ini sebagian besar disebabkan oleh ketidaksesuaian antara model pembiayaan pendidikan yang diterapkan dan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi sebuah Model Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terintegrasi Industri (MPTI) yang dapat meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK dan menurunkan tingkat pengangguran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada desain Richey dan Klein, yang meliputi tiga tahapan utama: analisis kebutuhan, perancangan model, dan validasi model. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Pakem dan SMK Negeri 1 Klaten dengan melibatkan kepala sekolah, bendahara, guru teknik otomotif, dan praktisi industri sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan angket validasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan dirumuskan hasilnya dengan pengkategorian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model MPTI yang dikembangkan layak digunakan. Validasi ahli mengkonfirmasi bahwa model ini layak diterapkan dengan skor rata-rata 3,42, menunjukkan bahwa model MPTI memiliki kriteria kelayakan yang sangat baik untuk diterapkan di SMK. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam literatur manajemen pembiayaan pendidikan dengan memperkenalkan paradigma baru dalam integrasi pendidikan dan industri. Dan dengan model ini, diharapkan membantu SMK dalam membangun dan memperkuat kemitraan strategis dengan industri, sehingga akan meningkatkan peluang kerja bagi lulusan, memastikan kurikulum tetap relevan, dan mendukung kelangsungan pendidikan vokasi yang responsif terhadap perubahan pasar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Model Manajemen Pembiayaan, Sekolah Menengah Kejuruan, Terintegrasi Industri. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:38 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |