Perilaku Asertif Siswa pada Jurusan Tata Boga di SMKN 3 Pangkalpinang

Al-Fathonah, Muslimah (2023) Perilaku Asertif Siswa pada Jurusan Tata Boga di SMKN 3 Pangkalpinang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600001173_JUDUL__230809093824.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600001173_BAB_I__230809093824.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600001173_BAB_II__230809093824.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600001173_BAB_III__230809093824.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600001173_BAB_IV__230809093824.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600001173_BAB_V__230809093824.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600001173_DAFTAR_PUSTAKA__230809093825.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600001173_LAMPIRAN__230809093825.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku asertif merupakan cara untuk mengungkapkan apa yang dilihat
dan diinginkan individu serta mengungkapkan pendapat dan perasaannya tanpa
merugikan orang lain atau diri sendiri. Perilaku asertif harus ditanamkan pada
remaja sejak dini karena perilaku asertif bukanlah sesuatu yang lahiriah
melainkan pola sikap dan perilaku yang dipelajari dalam menanggapi situasi.
Masyarakat yang berbeda ada di lingkungan tersebut. Memberikan informasi
dengan metode yang akurat dan relevan kepada siswa membantu siswa
memberikan wawasan tentang seperti apa pola perilaku asertif itu. Salah satu
cara untuk memberikan informasi ini adalah dengan mendirikan layanan
pengajaran sosial di sekolah.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa terdapat beberapa
kasus dimana perilaku asertif yang dilakukan oleh sebagian siswa di sekolah
menyebabkan banyaknya tindakan negatif yang dilakukan oleh siswa di
sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku
asertif siswa pada jurusan tat boga di SMKN 3 Pangkalpinang. Layanan
konseling pribadi untuk membantu siswa menghadapi dan mengatasi masalah
yang mereka hadapi. Dengan layanan konseling individual, siswa didorong
untuk belajar memahami diri sendiri dan menyelesaikan masalah dengan penuh
tanggung jawab untuk meringankannya. Konseling perilaku mengasumsikan
bahwa semua perilaku dapat dipelajari. Assertif training berjalan melalui
pematangan dan pembelajaran. Alternatifnya, perilaku lama dapat diganti
dengan yang baru. Manusia dianggap mampu berperilaku baik atau buruk, baik
atau buruk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
jenis penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
kuesioner yang dibagikan kepada 72 responden dari kelas X sampai dengan
kelas XII yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik Proportional
Stratified Randomization. Selain itu, data dianalisis dengan menggunakan
rumus persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian perilaku asertif siswa SMK
N 3 Pangkalpinang secara umum dapat diketahui bahwa 13 siswa (18%) berada
pada kategori tinggi, 22 siswa (31%) berada pada kategori sedang, dan 37 siswa
berada pada kategori sedang. kategori sedang (51%) termasuk kategori rendah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku asertif siswa SMK N 3
Pangkalpinang sebagian besar adalah kelas rendah. Berdasarkan temuan
tersebut, peneliti memberikan saran kepada sekolah maupun konselor tentang
bagaimana meningkatkan perilaku asertif siswa melalui layanan konseling
seperti konseling kelompok, konseling kelompok, dll. konseling kelompok dan
individu berdasarkan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Perilaku asertif, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Jun 2025 02:40
Last Modified: 14 Jun 2025 02:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84173

Actions (login required)

View Item View Item