Pengembangan Media Pop-Up Book Matematika pada Materi Bangun Ruang untuk Peserta Didik Kelas V SD

Surya, Muhammad Adi (2023) Pengembangan Media Pop-Up Book Matematika pada Materi Bangun Ruang untuk Peserta Didik Kelas V SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005109_JUDUL__230629095750.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005109_BAB_I__230625105454.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005109_BAB_II__230625105454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005109_BAB_III__230625105454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005109_BAB_IV__230625105454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005109_BAB_V__230625105454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005109_DAFTAR_PUSTAKA__230625105454.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005109_LAMPIRAN__230625105454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005109_NASKAH_PUBLIKASI__230625105455.pdf

Download (434kB)

Abstract

Proses dan hasil belajar yang baik dapat dicapai melalui interaksi antara guru dan siswa melalui berbagai faktor, salah satunya yakni penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran dimaksudkan agar proses KBM menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pop-up book matematika pada materi bangun ruang untuk peserta didik kelas V SD.

Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan mendapatkan penilaian dari validator ahli media memperoleh nilai persentase 83,33�ngan kategori “sangat layak”, hasil penilaian validator ahli materi 87,5�ngan kategori “sangat layak”, hasil penilaian dari validator ahli pembelajaran 87,5�ngan kategori “sangat layak” dan hasil penilaian dari guru memperoleh nilai persentase 86�ngan kategori “sangat layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book matematika pada materi bangun ruang untuk peserta didik kelas V SD yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pop-Up Book, Matematika, Bangun Ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Jun 2025 03:36
Last Modified: 14 Jun 2025 03:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84181

Actions (login required)

View Item View Item