Hidayati, Annisa Nur (2023) Jenis dan Fungsi Tuturan Model George Yule dalam Siniar Sapa Budaya dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Teks Persuasi di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900003133_JUDUL__230908022815.pdf Download (818kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900003133_BAB_I__230908022815.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900003133_BAB_II__230908022815.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900003133_BAB_III__230908022815.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900003133_BAB_IV__230908022815.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900003133_BAB_V__230908022815.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003133_DAFTAR_PUSTAKA__230908022815.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900003133_LAMPIRAN__230908022815.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003133_NASKAH_PUBLIKASI__230908022815.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis mengenai tuturan menggunakan model George Yule dalam siniar Sapa Budaya dan kaitannya dengan bahan ajar teks persuasif pada kelas VIII SMP. Siniar Sapa Budaya dipilih karena memberikan banyak informasi positif yang dapat dijadikan pembelajaran dalam memahami pembahasan wawasan kebudayaan yang ada di Kota Yogyakarta. Sapa Budaya merupakan kanal youtube sekaligus website milik Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta yang memiliki tujuan untuk bertegur sapa satu dengan lainnya dalam pembahasan ekosistem ruang kebudayaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) jenis tuturan pada siniar Sapa Budaya berjudul Membangun Ekosistem Kebudayaan di Kota Yogyakarta; (2) fungsi tuturan pada siniar Sapa Budaya berjudul Membangun Ekosistem Kebudayaan di Kota Yogyakarta; (3) keterkaitan tuturan pada siniar Sapa Budaya berjudul Membangun Ekosistem Kebudayaan di Kota Yogyakarta sebagai bahan ajar teks persuasif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siniar Sapa Budaya berjudul Membangun Ekosistem Kebudayaan di Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak, dengan teknik lanjutan pengumpulan data dengan teknik simak bebas libat cakap. Metode dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis dengan fokus tuturan. Penelitian yang dilakukan berjenis deskriptif kualitatif dengan teknik dasar berupa teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan dilanjutkan dengan teknik Hubung Banding Menyamakan Hal Pokok (HBSP). Hasil penelitian ini adalah: (1) Jenis tuturan pada siniar Sapa Budaya ditemukan 45 data yaitu: deklarasi 3 data, representatif 20 data, ekspresif 11 data, direktif 9 data, komisif 2 data. (2) Fungsi tuturan pada siniar Sapa Budaya ditemukan 45 data yaitu: institusional khusus 3 data, suatu fakta 20 data, kesenangan 11 data, pemberian saran 9 data, janji 2 data. (3) Tuturan pada siniar Sapa Budaya dikaitkan dengan bahan ajar teks persuasi pada kelas VIII SMP yang sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.13 tentang mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks Persuasif dan 4.13 tentang menyimpulkan teks persuasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pragmatik, Tuturan, Sapa Budaya, Teks Persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 03:37 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 03:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |